Hasil Survei Indikator Terbaru, Paslon Prabowo-Gibran Unggul 46,7 Persen Suara

Hasil Survei Indikator Terbaru, Paslon Prabowo-Gibran Unggul 46,7 Persen Suara

Kunjungan Prabowo Subianto di Aceh bersama relawan Demokrat..--

HARIAN DISWAY - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis data survei terbaru terkait elektabilitas tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) menjelang Pilpres 2024 pada Senin, 26 Desember 2023. 

Hasilnya, pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka lebih unggul dengan memperoleh elektabilitas tertinggi sebesar 46,7 persen.

Sementara itu, pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD memiliki elektabilitas mencapai 24,5 persen.

Kemudian, pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih elektabilitas 21 persen.

BACA JUGA: Pasca Debat Cawapres, Elektabilitas Prabowo-Gibran Paling Tinggi di Survei CPCS

Namun, sekitar 7,8 persen responden tidak memberikan jawaban alias menjadi swing voters. Hal itu disampaikan Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers secara daring pada Selasa, 26 Desember 2023.

“Kalau paslon 02 berhasil merebut sebagian besar dari basis pemilik swing (voters), yang sudah punya preferensi dari ketiga calon maupun pemilih undecided, kemungkinan (Pilpres 2024) bisa satu putaran,” ungkap Burhanuddin. 

Sisi positifnya, swing voters juga bisa menjadi penentu paslon mana yang akan menemani pasangan Prabowo-Gibran seandainya Pilpres 2024 digelar dua putaran.

“Tetapi, kalau gagal dan harus diselesaikan ke putaran kedua, kelompok pemilih swing ini juga akan menentukan siapa yang menemani Prabowo-Gibran,” ujar pria kelahiran 1997 itu.

Lebih lanjut, Burhanuddin menegaskan bahwa pihaknya tidak mengetahui jika Pilpres 2024 digelar dua putaran, siapa paslon yang akan menemani Prabowo-Gibran.

"Nah peringkat kedua dan ketiga, itu dalam margin of error, saya ingatkan sekali lagi 2,9 persen. Jadi, saya tidak tahu siapa yang unggul antara Ganjar atau Anies. Jadi, kalau tidak terjadi 1 putaran, misteri Tuhan, selain jodoh dan kematian, adalah siapa pendamping Prabowo-Gibran di putaran kedua. Kita belum bisa menebak sampai hari ini. Bisa Ganjar, bisa Anies. Tapi, peluang keduanya masih terbuka seandainya Prabowo-Gibran meraih 50 persen plus satu," imbuhnya.

BACA JUGA: Disebut Survei Ganjar-Mahfud Jeblok, Jubir TPN Aryo Seno Bagaskoro: Pilpres Masih Open Game, Bisa Comeback

Adapun survei itu digelar pada 23-24 Desember 2023 atau pasca debat cawapres pada 22 Desember 2023.

Survei dilakukan terhadap 1.217 responden. Dalam survei, responden diberi pertanyaan "Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih di antara pasangan nama pasangan berikut?".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: