Pasca Debat Cawapres, Elektabilitas Prabowo-Gibran Paling Tinggi di Survei CPCS

Pasca Debat Cawapres, Elektabilitas Prabowo-Gibran Paling Tinggi di Survei CPCS

Prabowo Gibran selepas debat cawapres di JCC Hall, Senayan, Jakarta, 25 Desember 2023-tangkapan layar youtube@kpu-

HARIAN DISWAY - Elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mencapai angka 51,7 persen berdasarkan survei terbaru dari Center for Political Communication Studies (CPCS). 

"Elektabilitas pasangan nomor urut 2 itu naik dari 50,3 persen (di bulan November) dan kini mencapai 51,7 persen," ujar peneliti senior CPCS Hatta Binhudi pada Sabtu, 23 Desember 2023.

Angka ini lebih unggul dibandingkan 2 paslon lain. Paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menyusul dengan perolehan 21,8 persen.

BACA JUGA:Ganjar akan Terus Bertemu Rakyat, Tidak Ambil Pusing Hasil Survei

Sedangkan, paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi terakhir dengan total elektabilitas mencapai 21,3 persen.

Hatta menambahkan elektabilitas AMIN kini mengalami tren peningkatan dibanding survei pada bulan Oktober lalu. Dari yang semula 15,8 persen menjadi 21,3 persen. 

Angka ini terpantau mampu mengejar ketertinggalannya dengan pasangan Ganjar-Mahfud MD yang semula 30,6 persen kini terjun bebas menjadi 21,8 persen. 

Dengan temuan tersebut, Hatta optimis Pilpres 2024 dilakukan dalam satu putaran, mengingat masa kampanye yang tersisa kurang dari dua bulan lagi hingga hari pencoblosan pada 14 Februari 2024 mendatang.

BACA JUGA:Hasil Survei Libang Kompas Masih Peringkat Tiga di Jatim, Timnas Amin Optimalkan Kinerja Perwilayahan

"Dengan masa kampanye yang sangat pendek, tersisa kurang dari dua bulan lagi, agak sulit bagi Anies-Cak Imin ataupun Ganjar-Mahfud untuk bisa mengejar ketertinggalan dari Prabowo-Gibran yang saat ini unggul jauh," ungkap Hatta.

Lebih lanjut, Hatta menerangkan akan terjadi perebutan peringkat kedua antara Anies-Cak Imin dengan Ganjar-Mahfud lantaran keduanya terpantau saling salip-menyalip. 

"Ganjar-Mahfud yang sebelumnya cukup jauh mengungguli Anies-Cak Imin kini malah tersalip," jelas Hatta.

BACA JUGA:Disebut Survei Ganjar-Mahfud Jeblok, Jubir TPN Aryo Seno Bagaskoro: Pilpres Masih Open Game, Bisa Comeback

Adapun survei CPCS dilaksanakan pada 7 hingga 14 Desember 2023 dengan jumlah responden sebanyak 1200 orang yang diwawancarai secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: