Survei LSJ: Prabowo Tampil Sebagai Capres Terbaik Pasca Debat Perdana

Survei LSJ: Prabowo Tampil Sebagai Capres Terbaik Pasca Debat Perdana

Prabowo Subianto ungkap keprihatinan atas penembakan relawan di Sampang, Madura. --Instagram @subianto.

HARIAN DISWAY – Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto tampil sebagai capres yang menduduki tahta capres terbaik versi survei yang dilakukan oleh Lembaga survei Jakarta (LSJ).

Hasil tersebut merupakan hasil temuan terbaru LSJ yang bertajuk ‘Pasca Debat, Paslon Mana Melesat?’. Berdasarkan hasil survey tersebut, diketahui calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menduduki posisi terunggul dengan memperoleh 42,5 persen. Angka tersebut berhasil kalahkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Data tersebut diungkap langsung oleh Direktur Riset Fetra Ardianto. Fetra menyatakan, usai pelaksanaan Debat Perdana Capres yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 12 Desember lalu, publik memandang dan menilai penampilan Prabowo sebagai penampilan terbaik dari ketiga capres.

BACA JUGA:Targetkan Ekonomi RI Bertahan Di Tengah Guncangan Global, Ini Strategi Yang Dibeberkan TKN Prabowo-Gibran

“Sebanyak 42,5% responden menyatakan bahwa Prabowo tampil sebagai capres yang terbaik. Sementara itu, 26,4% responden berpendapat Anies memberikan penampilan terbaik disusul Ganjar sebesar 24,6%,” papar Fetra.

Sementara itu, tujuan masyarakat dalam menyaksikan debat perdana adalah untuk mengatahui visi-misi yang dibawakan oleh masing-masing capres.

Selain itu, alasan lain yang dipaparkan oleh publik yang menyaksikan debat perdana adalah untuk mengetahui kualitas calon, menambah wawasan nasional, hingga memastikan pilihan diri terhadap capres menjelang hari pencoblosan.

Pada debat perdana yang diselenggarakan di halaman kantor KPU itu, terdapat lima tema yang diusung. Kelima tema tersebut adalah Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

BACA JUGA:Survei Terbaru Polling Institute: Elektabilitas Prabowo-Gibran Meningkat, Ganjar-Mahfud Menurun

Survei LSJ yang menyatakan pilihan publik terhadap capres yang dianggap sebagai capres terbaik ini dilakukan pada periode 22-27 Desember 2023. Servei ini dilakukan di 38 Provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

Total sampel yang digunakan dalam Survei LSJ ini sebanyak 1200 responden. Sampel tersebut diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (Multistage Random Sampling). 

Adapun, Margin of Error (MoE) yang digunakan dalam survei ini memiliki perhitungan kurang lebih sebesar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: