Gempa Jepang Picu Tsunami, Berkekuatan Magnitudo 7,4

Gempa Jepang Picu Tsunami, Berkekuatan Magnitudo 7,4

Gelombang tinggi di pesisir pantai Jepang setelah terjadi gempa magnitudo 7,6--

HARIAN DISWAY - Jepang kembali dilanda gempa dahsyat, Senin 1 Januari 2024. Gempa Jepang itu dilaporkan berkekuatan magnitudo 7,4. Pemerintah pun langsung mengeluarkan peringatan tsunami.

Gempa M 7,4 itu mengguncang Ishikawa, Jepang. Terjadi di sepanjang pantai Laut Jepang. Tak lama kemudian gelombang 1 meter menghantam Pantai Kota Wajima

Pemerintah pun langsung mengeluarkan peringatan tsunami besar. Peringatan tsunami itu dikeluarkan Prefektur Niigata, Toyama, Yamagata, Fukui dan Hyogo. Juga di sepanjang Pantai Laut Jepang.

"Semua warga harus segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi," kata lembaga penyiaran publik NHK, setelah gempa melanda wilayah Noto di Prefektur Ishikawa sekitar pukul 16:10 waktu setempat (07:10 GMT).

Gelombang setinggi lebih dari satu meter dilaporkan menghantam pantai Kota Wajima di Ishikawa. Tak lama kemudian peringatan gempa lainnya telah dikeluarkan untuk Ishikawa.

BACA JUGA:12 Bangunan di Lahan TNI di Jalan Jepara Surabaya Terbakar, Diduga karena Kembang Api

Badan Meteorologi Jepang meyakini tsunami setinggi lima meter bisa mencapai Noto.

Gempa sendiri dirasakan juga di sekitara ibu kota Jepang, Tokyo. Namun sejauh ini belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa di Tokyo.

BACA JUGA:Gempa M4,5 Picu 2 Rumah Rusak di Tegal, Tidak ada Korban Jiwa

Sementara itu, Kansai Electric Jepang mengatakan tidak ada kelainan yang terdeteksi di pembangkit listrik tenaga nuklir di daerah gempa.

Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang paling berisiko terkena gempa bumi.

Gempa bumi besar dan tsunami dahsyat pernah melanda timur laut Jepang pada 11 Maret 2011.

Bencana itu menyebabkan 18.000 orang meninggal dunia. Gempa menghancurkan kota-kota dan memicu krisis nuklir di Fukushima.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: