Gempa M4,5 Picu 2 Rumah Rusak di Tegal, Tidak ada Korban Jiwa

Gempa M4,5 Picu 2 Rumah Rusak di Tegal, Tidak ada Korban Jiwa

Ilustrasi. Gempa bumi tercatat 3 kali terjadi di Kabupaten Sumedang-BNPB-

HARIAN DISWAY- Gempabumi yang mengguncang Kabupaten mengguncang Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah pada Jumat, 15 Desember malam pukul 21.24 WIB menimbulkan beberapa kerusakan. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D. bahwa berdasarkan laporan BMKG, gempa darat tersebut berpusat di 7.15 LS dan 108.86 BT atau 34 km Barat Daya dari Kabupaten Tegal dengan kedalaman 10 km. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal melaporkan masyarakat merasakan guncangan kuat selama kurang lebih 5 detik. Hal itu membuat masyarakat sempat panik dan keluar rumah

Akibat dari gempa tersebut, masyarakat Kabupaten Brebes juga merasakan guncangan kuat selama 3 hingga 5 detik. 

BACA JUGA: Gempa Dangkal di Jawa Barat Picu Kerusakan di Bogor dan Sukabumi

“Ada 2 rumah warga di Kabupaten Brebes dilaporkan mengalami kerusakan pasca gempa terjadi. Ada retakan dinding dan atap rumah yang roboh,” kata Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari pada Sabtu pagi, 16 Desember 2023. 

Kabar baiknya, BNPB belum mendapat laporan korban jiwa akibat peristiwa tersebut per 16 Desember 2023.

BPBD Kabupaten Tegal dan BPBD Kabupaten Brebes terus melakukan monitoring beserta pendataan kondisi dan dampak di lapangan. 

BNPB menghimbau para warga untuk tetap waspada dan siaga apabila terdapat potensi gempa susulan.

“Hindari bangunan yang sudah mulai mengalami keretakan. Pastikan struktur bangunan rumah tetap kokoh sebelum kembali ke dalam rumah,” pungkas Abdul. (Wehernius Irfon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siaran pers bnpb