Anies Dapat Saingi Prabowo di Hari Pemilihan, Pengamat: Anies Menyuarakan Gagasan Perubahan

Anies Dapat Saingi Prabowo di Hari Pemilihan, Pengamat: Anies Menyuarakan Gagasan Perubahan

AMIN memiliki lonjakan pemilih, kabar dari Utting Research dan menuai tanggapan syukur dari jubir AMIN. -AMIN-AMIN

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Inilah hasil survei dari lembaga kredibel dari Australia yang berpengalaman menangani riset pemilu dan kampanye di Australia, Selandia Baru, Asia Pasifik, Amerika hingga Uni Eropa, Utting Research.

Lembafa itu menyoroti lonjakan dukungan pemilih yang mencolok (a notable surge) untuk kandidat calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan pascadebat pemilihan presiden pertama. 

“Pascadebat pilpres pertama, Utting Research mencatat kenaikan mencolok jumlah pemilih dari calon Presiden Anies Baswedan sebesar 6 persen," terang Managing Director Utting Research John Utting, Kamis 4 Januari 2024. 

"Hasil survei menunjukkan bahwa (Anies) Baswedan mendapatkan 28 persen suara. Kenaikan ini menjadi titik balik (turning point) dalam pilpres, menjadikan Anies sebagai penantang utama dalam pemilihan," papar John Utting. 

Pengamat politik dan komunikasi dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Serpong Ambang Priyonggo, Ph.D. mengemukakan Anies punya kelebihan dalam mengkomunikasikan gagasannya. 

BACA JUGA: Momen Spesial Anies Baswedan: Bersama Keluarga Bernostalgia di Kediaman Kakek

“Anies punya kelebihan dalam mengkomunikasikan gagasan secara bernas jika dibanding dengan dua kandidat lainnnya. Latar belakang dia sebagai intelektual itu menjadi keunggulannya,” ujar Ambang, Kamis 4 Januari 2023. 

Sementara dari sisi visi misi, Anies kental dengan perubahan yang diharapkan rakyat Indonesia. “Dari sisi visi misi, Anies memang terasa sekali menyuarakan gagasan perubahan. Dan itu menjadi anti-tesis dari visi misi Prabowo yang identik dengan kepemimpinan Jokowi,” paparnya. 

BACA JUGA: Di Ponpes Miftahul Huda Tasikmalaya, Anies Tegaskan Komitmen Wujudkan Kesetaraan Pendidikan

“Ganjar ini menarget ceruk yang sama dengan Prabowo, dan sehingga positioningnya justru terlihat gamang di mata calon pemilih,” kata Ambang. 

Menurut Utting Research, Prabowo Subianto, mengalami penurunan signifikan. Prabowo suaranya turun 6 persen menjadi 44%. Sedangkan Ganjar tertahan di 21 persen.

"Debat pertama pilpres telah menjadi peristiwa yang pivotal (titik balik penting) di dalam rangkaian pilpres, menarik perhatian hampir setengah total pemilih, yang menonton keseluruhan ataupun sebagian debat tersebut," papar John Utting. 

John Utting pun mengungkapkan mayoritas responden menilai Anies sebagai capres paling mengesankan performa debatnya.

"Sebanyak 41 persen pemilih menganggap Anies Baswedan sebagai kandidat paling impresif (mengesankan) dalam debat, melampaui Prabowo 36 persen dan Ganjar 20 persen," ujar John Utting. (Ananda Mukminah).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: