BYD Salip Tesla Jadi Mobil Listrik Terlaris di Kuartal IV 2023

BYD Salip Tesla Jadi Mobil Listrik Terlaris di Kuartal IV 2023

Grafis perbandingan BYD dan Tesla--

BEIJING, HARIAN DISWAY – Ini memang impian besar Tiongkok. Yakni menjadi raja produksi mobil listrik dunia. Dan mimpi itu mulai terwujud lewat BYD Co Ltd, perusahaan mobil listrik yang bermarkas di Shenzhen.
 
Pada kuartal IV 2023, BYD adalah mobil listrik terlaris sejagat (lihat grafis). Melampaui Tesla yang sudah kukuh mendominasi pasar mobil energi baru itu.
 
Salah satu yang membuat BYD melesat adalah dukungan pemerintah. Kebijakan Tiongkok sangat mendukung atmosfer mobil listrik. Di Shenzhen, misalnya, seluruh bus umum sudah full elektrik. ’’Tiongkok sudah sejak lama memikirkan kebersihan emisi angkutan umum. Jauh sebelum negara lain punya ide itu,’’ kata Tu Le, direktur operasional Sino Auto Insight kepada Agence France-Presse, Rabu, 3 Januari 2023.
 
 
Selain itu, BYD juga menikmati subsidi dari Beijing. Terutama untuk pengembangan riset dan bisnis industri kendaraan listrik.
 
Selama 2014-2022, Beijing sudah menggelontorkan 200 miliar Yuan atau sekitar Rp 437 triliun untuk produsen mobil listrik. Itu untuk subsidi produksi dan pengurangan pajak.
 
Akibatnya, harga mobil listrik Tiongkok bisa menjadi lebih murah ketimbang merek lain. Misalnya yang dari Eropa atau AS.
 

 

Data terbaru penjualan BYD itu memang membuat cita-cita mereka menjadi kian nyata. Perusahaan yang juga disokong Warren Buffet, taipan AS itu, ingin merajai pasar mobil listrik dunia pada 2035. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: