Debat Pilpres Ketiga di Mata Pakar HI Universitas Indonesia

Debat Pilpres Ketiga di Mata Pakar HI Universitas Indonesia

Ganjar Pranowo saat berkampanye di Semarang, 1 Januari 2023.-TPN Ganjar-Mahfud MD-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Pengamat hukum internasional dari Universitas Indonesia, Hadi Rahmat Purnama, menilai bahwa visi misi dari calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan capres nomor urut 1 Anies Baswedan lebih spesifik dan fokus dibandingkan dengan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Hadi Rahmat Purnama, pengajar Bidang Studi Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH-UI), menjelaskan bahwa visi misi politik luar negeri Prabowo tidak memiliki fokus yang spesifik.

"Isu politik dan global paslon nomor 2 tersebar dalam visi misinya, sehingga tidak fokus," kata Hadi dalam wawancara mengenai visi misi dan gagasan para capres di bidang politik luar negeri, Sabtu, 6 Januari 2024 dalam siaran pers TPN Ganjar Mahfud..

Menurut Hadi, Indonesia perlu memperlihatkan kepemimpinan di kawasan Asean, Indo Pasifik, dan internasional.

Dia menekankan bahwa Indonesia seharusnya dapat lebih memimpin dibanding negara anggota Asean lainnya, mengingat adanya kevakuman kepemimpinan di kawasan tersebut.

Politik luar negeri menjadi salah satu tema debat ketiga pemilihan presiden (Pilpres) 2024 yang akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Minggu, 7 Januari 2023 di Istora Senayan Jakarta.


Momen keakraban paslon nomor urut 1 dan 3 di arena debat perdana Cawapres -Tangkapan latar dari akun YouTube resmi KPU RI-

Hadi juga memberikan pandangan mengenai tugas presiden terpilih nantinya. Ia menyebut bahwa presiden terpilih harus mampu mempertegas posisi Indonesia di tengah konflik yang berkepanjangan.

"Saran saya adalah presiden terpilih harus dapat memberikan alternatif dalam penyelesaian konflik yang ada, dengan mengedepankan kepentingan nasional," ujar Hadi.

BACA JUGA:Survei Politika: Prabowo-Gibran Masih Teratas, AMIN Tempati Posisi Kedua, Ganjar-Mahfud Paling Buncit

BACA JUGA:Berebut Suara di Jateng, Ganjar Pranowo: Ayo Jaga Rumah Sendiri!

Beberapa isu yang perlu diperhatikan oleh presiden mendatang termasuk perdagangan internasional, pengungsi Rohingya, lingkungan, dan hak asasi manusia (HAM).

Hadi menilai bahwa isu-isu tersebut tidak direspons dengan baik pada masa pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Dalam merinci visi misi, pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menekankan pada percepatan peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahanan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: