Cheng Yu Pilihan Ketua PORSI Jatim Sri Juliati Nirawan: Jian Shan Tian Xia

Cheng Yu Pilihan Ketua PORSI Jatim Sri Juliati Nirawan: Jian Shan Tian Xia

Tak cuma gembar-gembor, Ketua PORSI Jatim Sri Juliati Nirawan memang sangat disiplin senam sejak usia 35 tahun sampai sekarang. -Sri Juliati Nirawan-

HARIAN DISWAY - Memasuki usia 70 tahun dengan tetap sehat dan bahagia, Sri Juliati Nirawan sangat ingin menginspirasi orang lain untuk mencapai hal yang sama seperti dirinya. Kepada siapa pun Yuli, panggilannya, memang selalu tak henti-hentinya menyarankan untuk melakukan senam.

“Cukup dengan gerakan-gerakan sederhana. Pilih musiknya yang gembira sehingga banyak yang ingin ikut. Lakukan rutin seminggu tiga kali selama 45 menit. Mudah-mudahan badan sehat tanpa obat. Dalam istilah saya SBSU. Artinya senam bugar sepanjang usia,” kata pemilik Laboratorium Klinik Larissa itu.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Cluster Marcomm Manager Aston Inn Jemursari dan Aston Mojokerto Aries Luhur Haryono: Li Xian Xia Shi

Tak cuma gembar-gembor, Yuli memang sangat disiplin senam sejak usia 35 tahun sampai sekarang. Ia menjalankannya rutin tiga kali dalam seminggu. Hasilnya, terbukti nyata sebagaimana yang dilihat dari sosok Yuli sekarang.

“Saat teman-teman seumuran mungkin jalan saja sudah agak kerepotan apalagi mau senam dengan Gerakan-gerakan sulit. Tapi berkat senam, banyak orang menyangka saya ini 10 tahun lebih muda dari umur yang sebenarnya,” ujar perempuan kelahiran 6 Juli 1954 itu.

Bersama Yuli, setidaknya kini ada 135 orang yang rajin untuk berlatih senam secara rutin. Asyiknya, selain senam, dia mengajak kelompoknya untuk menyempatkan healing. “Saya agendakan piknik dua kali dalam enam bulan supaya menghindari stres dan jauh dari kejenuhan dari rutinitas,” terangnya.

Dengan hanya mengajak orang lain senam agar sehat, Yuli merasa dia telah menjalankan tujuan hidupnya yakni ingin memberikan sesuatu yang berguna bagi masyarakat. Sebagaimana diajarkan pepatah Tiongkok klasik, ”兼善天下” (jiān shàn tiān xià): menjadikan kebaikan menyebar ke mana-mana.

Itulah mengapa ia mau menjadi Ketua Penggemar Olah Raga Senam Indonesia (PORSI) Jatim karena dengan wadah itu dia bisa mengajak seluruh kalangan, baik anak-anak, muda, hingga orang tua untuk sehat hanya dengan senam.

Hampir dalam semua event, Yuli tak lupa memasukkan acara senam bersama. Seperti dalam peringatan World Diabetes Day 2023 yang diselenggarakan Lions International Distric 307 B2 Region 4, 5, dan 6, pada Minggu, 26 November 2023 lalu, ada acara senam yang melibatkan seribu orang.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan Kepala Office of International and Cross-Strait Affairs I-Shou University, Taiwan, Chia-Kun Lee: Zhi Yu Zhi Shan

Demi memasyarakatkan senam, Yuli bersedia menjadi Ketua Ranting Porpi Rungkut. Yakni organisasi senam pernapasan Indonesia yang berdiri sejak 1992. Senam inilah yang awal Yuli lakukan selama 38 tahun ini. 

Menurut Yuli, senam sangatlah penting untuk tubuh. “Itu lebih baik daripada ke dokter. Kalau saya lihat, setiap kali selesai senam, yang ikut selalu merasa sangat senang, gembira, dan happy. Karena itu, saya selalu mengajak siapa saja untuk menyebarluaskan senam,” tegasnya. (Heti Palestina Yunani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: