Cheng Yu Pilihan Kepala Office of International and Cross-Strait Affairs I-Shou University, Taiwan, Chia-Kun Lee: Zhi Yu Zhi Shan

Cheng Yu Pilihan Kepala Office of International and Cross-Strait Affairs I-Shou University, Taiwan, Chia-Kun Lee: Zhi Yu Zhi Shan

Cheng Yu Chia-Kun Lee--

CHIA-KUN LEE 李嘉崑 masih ingat betul pepatah yang diajarkan gurunya ketika ia masih sekolah SMA. pepatah itu ada di dalam kitab Thai Hak (大学), salah satu kitab yang berisi ajaran Konfusianisme. Bunyinya "止于至善" (zhǐ yú zhì shàn). Yang terjemahan bebasnya kira-kira: lakukan dengan sebaik-baiknya apa yang dikerjakan. 

"Melalui pepatah itu, guru mengharapkan kami memainkan sebaik mungkin peran kami masing-masing di tengah masyarakat. Harapannya, jika diri kita memberikan teladan dengan melakukan sesuatu sebaik-baiknya, maka orang lain atau masyarakat akan mengikutinya," kenang Chia-Kun Lee. 

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera Tony Herman: She Shen Chu Di

Setelah sekian tahun lulus SMA, pepatah pemberian gurunya itu menjadi penuntun Chia-Kun Lee dalam melakukan segala pekerjaannya. Terlebih setelah ia bekerja dalam dunia akademik yang jabatannya membuat dirinya harus menjalin komunikasi dengan banyak orang dari mancanegara. 

"Baik ketika sebagai pengajar di Departemen Komunikasi Massa maupun ketika ikut serta menangani urusan Hubungan Internasional dan Lintas Selat, interaksi kebudayaan bisa dikata telah menjadi kegiatan sehari-hari saya. Di era multikultural ini, bagaimana melakukan kerja sama dan komunikasi interdisipliner, bukan hanya menjadi tugas yang baru, tapi juga tugas yang menantang," kata kepala Office of International and Cross-Strait Affairs I-Shou University, Taiwan, tersebut. 

"Menantang karena, setiap orang tidak bisa hanya melakukan apa yang ditugaskan, melainkan harus bisa memikirkan lebih jauh bagaimana membuat semuanya (tim dan masyarakat) menjadi lebih baik ke depannya," ujar Chia-Kun Lee. 

Chia-Kun Lee mungkin terinspirasi oleh Konfusius yang menganjurkan "己欲立而立人, 己欲达而达人" (jǐ yù lì ér lì rén, jǐ yù dá ér dá rén): ketika engkau ingin meroket, roketkanlah orang lain; ketika engkau ingin maju, majukanlah orang lain. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: