Anies Tantang Keterbukaan Data Kementerian Pertahanan, Begini Respon Prabowo

Anies Tantang Keterbukaan Data Kementerian Pertahanan, Begini Respon Prabowo

Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1, Anies-Muhaimin dalam Konferensi Pers Pasca Debat Capres Ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024. -Official iNews-Youtube

HARIAN DISWAY - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan menantang keterbukaan data-data Prabowo Subianto selama menjadi Menteri Pertahanan (Menhan).

Ia mengatakan hal tersebut harus disampaikan dalam forum terbuka. 

Pernyataan Anies tersebut disampaikan sebagai bentuk menanggapi ajakan Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto untuk membicarakan keterbukaan data-data itu setelah Debat Capres Ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024.

Anies mengatakan bahwa presiden seharusnya dapat menjadi panglima diplomasi dunia, merujuk pada komunikasi secara terbuka kepada masyarakat dunia.

BACA JUGA:Ini 3 Strategi Anies Baswedan untuk Promosikan Budaya Indonesia di Level Global: Rumah Budaya dan Delegasi

“Presiden akan menjadi panglima diplomasi dunia. Itu artinya berada di forum-forum global menyampaikan pesan Indonesia untuk dunia,” ucap Anies dalam Konferensi Pers Pasca Debat Capres Ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024.

“Selalu dalam kesempatan-kesempatan seperti itu ada protokolnya dan tidak mungkin diberikan kesempatan berbicara berjam-jam untuk menjelaskan, ada batasannya,” tambahnya.

Anies menyampaikan bahwa presiden harus bisa menguasai komunikasi agar gagasannya dapat tersampaikan dengan baik meskipun dalam waktu singkat.

BACA JUGA:Anies Soal Belanja Alutsista: Jangan Libatkan Korporasi-Korporasi Korup

“Justru kepemimpinan diharuskan bisa menguasai komunikasi supaya gagasan bisa disampaikan dalam waktu yang diberikan,” ujar Anies.

Untuk itu, Anies menyinggung ajakan pembicaraan bersama Prabowo terkait keterbukaan data-datanya selama menjadi Menhan. Anies menegaskan bahwa data-data harus disampaikan secara terbuka, bukan tertutup dalam suatu ruangan.

“Ini adalah forum untuk seluruh rakyat paham, bukan ngopi di ruang yang tertutup, jelaskan di forum tadi. Sesempit apapun waktu yang diberikan, gunakan untuk menyampaikan, dan semua itu bisa disampaikan,” jelas Anies.

BACA JUGA:Anies Baswedan Soal Utang Luar Negeri: Strategi dan Rasionya dengan GDP

Anies tampak percaya diri menyampaikan pernyataannya mengingat Capres nomor urut 1 ini memiliki pengalaman dalam menyampaikan gagasannya di forum internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: