Anies Baswedan Dorong Contract Farming dan Tabungan Petani di Gorontalo

Anies Baswedan Dorong Contract Farming dan Tabungan Petani di Gorontalo

Indahnya pemandangan Gorontalo di acara Desak Anies, 8 Januari 2024.-Timnas AMIN-

GORONTALO, HARIAN DISWAY - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, memberikan solusi konkrit terhadap keluhan petani terkait impor beras saat panen raya.

Dalam acara 'Desak Anies' di Asmara Garden, Gorontalo, Senin, 8 Januari 2024, Anies menyampaikan komitmennya untuk mengendalikan ketidakpastian harga dengan mendorong implementasi Contract Farming.

"Ketika panen lalu muncul impor, harga jatuh lalu petani justru mengalami kerugian. Ini yang Insya Allah akan kami kendalikan sama-sama. Kami ingin para petani itu memiliki kepastian harga itu, sebabnya contract farming menyelamatkan," ujar Anies.

Menurut Anies, dengan adanya contract farming, petani akan memiliki kepastian harga melalui kontrak atas hasil produksinya, menciptakan rasa aman dan kepastian bagi mereka.

"Kami melihat, ketidakpastian itu sistemik artinya bukan sesuatu yang disebabkan oleh pribadi-pribadi, tapi keseluruhan tata niaganya menimbulkan ketidakpastian," tambahnya.

Anies Baswedan juga menegaskan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan para petani di Gorontalo.

BACA JUGA:Desak Anies: Bantu Wujudkan Gorontalo Agropolitan

BACA JUGA:Skor Pertahanan Indonesia, Anies: Prajurit All Out, tapi Tak Didukung Kesejahteraannya

Dalam dialog dengan kelompok petani di Asmara Garden, Gorontalo, Anies menyatakan tujuannya agar para petani bisa menabung dari hasil pertanian mereka.

"Kita ingin agar para petani di Gorontalo bisa menjadi petani yang mampu menabung," kata Anies. Dia menilai bahwa kesejahteraan petani dapat diukur dengan kemampuan mereka untuk menabung dari hasil bertani.

Anies juga menyampaikan rencananya untuk memperbaiki tata niaga pertanian, sehingga para petani dapat lebih sejahtera dan merasakan manfaat dari hasil tani yang mereka olah.

"Tata niaga ingin kita seriusi, dan harapannya nanti dari Gorontalo kita bisa punya contoh sebuah kawasan pertanian yang memiliki produktivitas yang tinggi, kesejahteraan petani yang tinggi," jelasnya.

Dengan harapan bahwa Gorontalo bisa menjadi contoh bagi Indonesia, Anies menyoroti pentingnya mengembangkan ekosistem kota pertanian yang mendukung, serta menciptakan sekolah pertanian yang maju untuk mendorong semangat anak muda menjadi petani. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: