Idealnya Transisi Energi Menurut Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan

Idealnya Transisi Energi Menurut Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan

Anies Baswedan diancam penembakan di media sosial-AMIN-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Capres nomor urut 01 Anies Baswedan mengingatkan bahwa dalam melakukan perencanaan pembangunan khususnya dalam hal transisi energi perlu memikirkan efek kejutan dari rencana tersebut. Dia menjelaskan dalam membuat perencanaan transisi harus dipikirkan aspek transisi dan aspek pelakunya.

BACA JUGA: Kembangkan Industri, Anies Dorong Peningkatan Pemakian Komponen Lokal

"Pengalaman dalam transisi non tol ke tol seluruh restoran mati, seluruh hotel mati karena kita tidak memikirkan transisi dari non tol ke tol," kata Anies dalam Dialog Capres Bersama Kadin Menuju Indonesia Emas 2045 di Jakarta, Kamis, 11 Januari 2024.

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 menegaskan dalam transisi dua aspek harus dihidupkan. Dia memberi solusi sama-sama menguntungkan yaitu berbicara dengan pihak terkait yang akan ditinggalkan dan pihak yang akan terlibat dalam proses perubahan.

Anies menginginkan ke depan penyusunan agenda kerja harus disepakati bersama. "Dan negara punya komitmen internasional yang harus diterjemahkan menjadi regulasi yang konsisten. Kita tanda tangani Paris Agreement dan kemarin kita baru saja tanda tangan di Dubai," ujar Anies.

Kesepakatan-kesepakatan yang sudah disepakati menurut Anies harus diturunkan ke dalam bentuk regulasi pusat, kementerian-kementerian, provinsi, dan kabupaten kota.

Anies memberi contoh eksekusi soal lingkungan hidup ada di kota dan kabupaten bukan di tingkat nasional. "Coba ditanya bupati dan gubernur pernahkah diajak bicara soal regulasi soal ini? Belum," katanya.

Anies juga menginginkan ke depan harus menerapkan agenda yang disusun secara bersama. Konsistensi ini kata dia membutuhkan biaya. "Tidak ada transisi tanpa subsidi. Tapi ketika subsidi itu diberikan kita akan mendapatkan ekonomi yang lebih sehat dan lebih bersih," kata dia.

BACA JUGA: Strategi Tim Hukum Anies-Muhaimin di Gorontalo: Koordinasi, SOP, dan Relawan Kampus

Hal keempat yang menjadi perhatian Anies adalah perlunya mengembangkan energi terbarukan. Dia memberi contoh Indonesia punya cadangan 40% energi geotermal dunia. Negara ujar dia harus ikut terlibat dalam hal  yang menurutnya membutuhkan investasi bernilai tinggi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: