Salurkan Bansos di Pasuruan, Khofifah Optimis Kemiskinan Ekstrem Jatim Nol Persen

Salurkan Bansos di Pasuruan, Khofifah Optimis Kemiskinan Ekstrem Jatim Nol Persen

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan sosial kepada penerima manfaat di Kabupaten Pasuruan.-Humas Pemprov Jatim-

Hal ini penting, sebut Khofifah, sebab Jamila (jadi miskin lagi) selalu bergandengan dengan Sadikin atau Sakit Sedikit Miskin. Itulah kenapa kepala daerah perlu memastikan capaian Universal Health Coverage sudah mencapai 100 persen.

"Karena ini penting disiapkan oleh masing-masing kabupaten/kota. Ini kalau juga bersinergi dengan private sector dan pihak terkait lain akan mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur," katanya. 

Untuk saat ini, kemiskinan ekstrem di Jawa Timur sendiri telah menurun drastis. Di mana, kemiskinan ekstrem berkurang signifikan menjadi 0,82% per Maret 2023.

Nantinya, bansos ini tidak akan menjadi satu-satunya bantuan yang diberikan kepada masyarakat. Mengingat, Jawa Timur telah memiliki berlapis-lapis bantuan seperti bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk meningkatkan kesejahteraan  sosial ekonomi rakyat. 

"Semoga bapak-ibu penerima bantuan dapat menyekolahkan putra-putrinya setinggi-tingginya, bisa menjadikan anak-anaknya dokter, pejabat, apapun itu dengan ilmu yang manfaat dan barokah. Mudah-mudahan pertemuan  ini bisa menjadi pembuka pintu rahman rahim-Nya Allah," katanya. 

Sementara itu, Khuzaimah, ibunda dari Amira (16) yang merupakan salah satu penerima bansos ASPD mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan yang diterimanya dari Gubernur Khofifah. Dia pun menyampaikan terima kasih atas atensi yang terus menerus diberikan Gubernur Khofifah. 

“Bantuan dari ibu Gubernur Khofifah sangat bermanfaat bagi kami, terutama untuk keperluan pampers dan susu,” tuturnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga membagikan kurma kepada seluruh PM dan peserta bansos yang hadir. Kurma itu merupakan buah tangannya sepulang dari umroh beberapa waktu lalu. 

Ia juga menyempatkan diri meninjau stand UMKM di UPT Dinsos Jatim di Kab. Pasuruan. Total ada enam stand yang ada dengan berbagai produk yang didisplay. 

Turut menghadiri kegiatan tersebut Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan Andriyanto, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim Restu Novi Widiani, sejumlah Kepala OPD Pemprov Jatim terkait, Kepala BUMD Provinsi Jatim, dan Jatim Social Care (JSC) Dinsos Jatim. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: