Surat Gen Z untuk Capres 2024, Dikirim dari SMAN 1 Krembung Sidoarjo

Surat Gen Z untuk Capres 2024, Dikirim dari SMAN 1 Krembung Sidoarjo

Pelajar SMAN 1 Krembung bersama komunitas River Warrior dan Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (ECOTON) menulis Surat Gen Z untuk Calon presiden 2024, pada Senin 15 Januari 2023 --Dok Komunitas River Warrior

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Aktivis lingkungan muda asal Gresik, Aeshnina Azzahra Aqilaniakan mengirim surat kepada tiga calon presiden (capres) pada pemilihan presiden 2024: Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Remaja 16 tahun itu mengingatkan keseriusan para calon presiden dalam menangani isu lingkungan.

Rencana itu disampaikan dalam sambutannya di hadapan ratusan pelajar SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Azzahra Aqilani menyatakan bahwa masalah lingkungan sering kali diabaikan, meskipun seharusnya menjadi prioritas utama.

"Kami minta calon presiden 2024 punya nyali seperti Aquaman, menjaga laut dan sungai dengan sepenuh hati," ujar Azzahra Aqilani, menggambarkan keinginan agar calon presiden memiliki keberanian dan komitmen yang tinggi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Ziarah ke Makam Pendiri PSHT, Eyang Suro di Madiun

BACA JUGA:Sekjen PBNU Gus Ipul Ajak Warga NU Tidak Dukung Paslon Anies-Muhaimin, Begini Kata Muhaimin dan Partai Ummat

Azzahra Aqilani juga mengungkapkan fakta mengejutkan bahwa Indonesia telah menjadi pencemar sampah plastik global.


Sebanyak 500 pelajar SMAN 1 Krembung bersama komunitas River Warrior dan Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (ECOTON) menulis Surat Gen Z untuk Calon presiden 2024, pada Senin 15 Januari 2023 --Dok Komunitas River Warrior

Temuan sampah plastik Indonesia di berbagai belahan dunia menjadi bukti kurangnya upaya serius pemerintah dalam pengelolaan sampah plastik.

Sementara itu, 500 siswa SMAN 1 Krembung bersama komunitas River Warrior dan Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (ECOTON) turut serta dalam kegiatan menulis surat berjudul "Surat Gen Z untuk Calon Presiden 2024."

BACA JUGA:Bedu Cs Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

BACA JUGA:Diundang Debat di KPK, Anies Bakal Bawa Rekam Jejaknya Selama Ini

Mereka menyampaikan keprihatinan terhadap kondisi sungai di Sidoarjo, termasuk temuan mikroplastik yang dapat membahayakan jika dikonsumsi.

Beberapa masalah lingkungan menjadi sorotan para pelajar, antara lain pencemaran sungai akibat sampah plastik dan limbah pabrik, penggunaan plastik berlebihan tanpa pengolahan yang memadai, sampah impor, pembakaran sampah elektronik, deforestasi, dan polusi udara akibat emisi kendaraan bermotor.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: