Quinta Brunson Kulit Hitam Pertama Pemenang Emmy Awards

Quinta Brunson Kulit Hitam Pertama Pemenang Emmy Awards

Pada Senin, 15 Januari 2024, aktris 34 tahun Quinta Brunson ini menerima penghargaan Emmy untuk aktris komedi terbaik. --

HARIAN DISWAY - Quinta Brunson menjadi perempuan kulit hitam pertama yang memenangkan Emmy Awards kategori Aktris Komedi Terbaik dalam empat dekade terakhir. Berkat film yang diinisiasinya sekaligus dibintanginya.

Trofi Quinta Brunson bertambah lagi. Pada Senin, 15 Januari 2024, aktris 34 tahun itu menerima penghargaan Emmy untuk aktris komedi terbaik. Berkat peran utamanya sebagai Janine di film Abbott Elementary.

BACA JUGA: Jalani Operasi Perut, Kate Middleton Batal Paskahan

Kemenangan itu mencatatkan nama Brunson sebagai perempuan kulit hitam pertama yang muncul dalam kategori tersebut, selama lebih dari empat dekade. Terakhir kali gelar itu diraih oleh Isabel Sanford, pemeran film The Jeffersons pada 1981.

Ini adalah tahun kedua berturut-turut dia dinominasikan dalam kategori tersebut. Brunson pun merupakan perempuan kulit hitam ketujuh yang dinominasikan sebagai aktris komedi utama sejak kategori tersebut dibuat pada 1966. 

Pada tahun-tahun berikutnya, terdapat nama-nama: Diahann Carroll, Nell Carter, Phylicia Rashad, Tracee Ellis Ross, dan Issa Rae. Mereka semua perempuat kulit hitam yang masuk nominasi, tapi gagal meraih kemenangan.

Mengenakan gaun satin Christian Dior, Brunson, warga asli Philadelphia AS itu datang ke panggung untuk menerima penghargaan penting dalam kariernya.

“Saya bahkan tidak tahu mengapa saya begitu emosional,” ujar Brunson dalam pidatonya yang menyentuh saat menerima trofi tersebut. "Terima kasih banyak. Saya sangat suka terlibat dalam Abbott Elementary, dan saya sangat senang bisa mewujudkan impian saya dan berperan dalam film komedi," tambahnya. 

Brunson menyebut bahwa dirinya sangat menyukai komedi. "Saya sangat senang bisa mendapatkan kemenangan ini," ungkapnya, lalu berhenti sejenak sambil terisak.

BACA JUGA: Segala Tentang Emmy Awards 2023

Brunson melanjutkan, “Saya sangat mencintai ibu saya, ayah saya, saudara perempuan saya, saudara laki-laki saya, seluruh keluarga saya. Saya mencintai suami saya. Saya sangat bahagia. Saya bangga dapat terlibat dalam film itu. Terima kasih banyak."

Serial film pemenang penghargaan itu akan memulai debut musim ketiganya pada 7 Februari 2024. Showrunner Justin Halpern menggambarkan seri yang tertunda itu memiliki tema menyeluruh yang sangat menarik. Selain sebagai pemeran utama, Brunson juga merupakan kreator dari Abbott Elementary. 

Film itu adalah serial televisi sitkom mokumenter Amerika Serikat. Dalam film tersebut, Brunson berperan sebagai guru kelas dua di Abbott Elementary. Yakni sekolah fiksi di Philadelphia yang muridnya didominasi anak-anak kulit hitam. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: