Anies Pastikan Seluruh Rakyat Indonesia Terdaftar di BPJS Jika Ia Presiden

Anies Pastikan Seluruh Rakyat Indonesia Terdaftar di BPJS Jika Ia Presiden

Desak Anies edisi Perempuan, Agraria, dan Lingkungan dihadiri oleh Capres Anies Baswedan di Half Patiunus, Jakarta, Kamis 18 Januari 2024. Anies mengungkapkan komitmennya terhadap lingkungan hidup dan keselamatan warga. -AMIN-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Desak Anies edisi Perempuan, Agraria, dan Lingkungan dihadiri oleh capres Anies Baswedan di Half Patiunus, Jakarta, Kamis 18 Januari 2024. Anies mengungkapkan komitmennya terhadap perbaikan cakupan (coverage) maupun sistem kesehatan semesta Indonesia melalui BPJS. 

BACA JUGA: Setelah Dilantik, Jubir Darat DIY Siap Gemakan Visi Misi AMIN untuk Indonesia Adil Makmur

“Semua bisa mendapatkan perlindungan ketika harus dirawat di rumah sakit. Karena itu sifatnya universal. Ada yang mendaftar ikut BPJS, tetapi bagi yang tidak mampu, pemerintah yang mendaftarkan, sehingga bisa terjamin kalau sakit. Penanganan kepada mereka yang miskin, yang lemah terbereskan di situ,” ujar Anies.

Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 itu lantas menceritakan pengalamannya di ibu kota. “Waktu bertugas di Jakarta, ketika baru masuk, saya cek, berapa warga Jakarta yang tidak tercover BPJS. Ternyata yang tidak tercover itu, angkanya 27 persen, serempat warga dan pasti yang paling bawah. Kita menutup itu dengan mengalokasikan sekitar Rp 1,3 triliun ke BPJS,” kisahnya. 

Anies pun meminta semua perangkat pemerintahan memastikan semua warga Jakarta terdaftar di BPJS.

BACA JUGA: Jubir Timnas AMIN: Pernyataan Saifullah Yusuf Langgar Khittah NU

“Semua lurah diharuskan menyensus penduduknya. Bila ada penduduk tidak terdaftar BPJS, tunjangan kinerja lurahnya akan dipotong. Jadi aparat bekerja mati-matian memastikan 100 persen penduduk terdaftar BPJS. Supaya ketika mereka sakit aman. Cara itu yang kita mau lakukan di Indonesia, supaya semua terjamin,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: