Marak Kecelakaan Kereta Api, Ini Pesan Menhub di Gubeng Surabaya

Marak Kecelakaan Kereta Api, Ini Pesan Menhub di Gubeng Surabaya

Lokomotif KA Pandalungan yang anjlok jelang Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo pada Minggu, 14 Desember lalu. DJKA melakukan peningkatan terhadap jaliur kereta api agar kejadian serupa tidak terulang-Kemenhub-

Kendati demikian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tetap menyiapkan sejumlah langkah untuk meningkatkan aspek keselamatan perkeretaapian.

Seperti terus melakukan pembangunan jalur ganda dan peningkatan kualitas jalur kereta sesuai standar track quality index (TQI) kategori 1 dan 2, yang berarti meningkatkan sebesar 94% dari total keseluruhan jalur kereta api di Indonesia pada tahun 2024.

BACA JUGA:Izin Desak Anies Dicabut: Menyuarakan Perubahan Harus Siap Tekanan dan Masalah

Tak luput pula mengevaluasi sistem persinyalan dan menjalankan penyelenggaraan operasional kereta api sesuai dengan standard operational procedure (SOP) yang telah ditetapkan.

Selain itu, Kemenhub juga terus berupaya menangani perlintasan sebidang dengan melibatkan sejumlah pihak seperti Kementerian PUPR, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan terkait. 

Adapun pertemuan yang diselenggarakan di Stasiun Gubeng itu dihadiri oleh sejumlah pihak yakni Ditjen Perkeretaapian, PT KAI, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan Pemerintah Daerah di Jawa Timur.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: