Indonesia Dibabat Australia 0-4, Shin Tae-Yong Berterima Kasih pada Pemain

Indonesia Dibabat Australia 0-4, Shin Tae-Yong Berterima Kasih pada Pemain

INDONESIA dibabat Australia 0-4, Shin Tae-Yong berterima kasih pada pemain.-Hector Retamal-AFP

HARIAN DISWAY - Perjalanan Indonesia di Piala Asia 2023 berakhir. Timnas Garuda dihajar Australia 0-4 di babak 16 Besar di stadion Jassim Bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, pada 28 Januari 2024.

Australia sudah unggul sejak menit ke-12 gara-gara gol bunuh diri Elkan Bagott. The Socceroos (sebutan Australia) menambah keunggulan menjelang babak pertama usai, lewat heading Martin Boyle yang menjebol gawang Ernando Ari.

Kedudukan 2-0 untuk Socceroos bertahan hingga pertandingan menjelang selesai. Namun, sejumlah pergantian pemain yang dibuat pelatih Graham Arnold di menit ke-85 malah membuat mereka makin menggila.

BACA JUGA:Analisis Taktik Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Strategi STY Dipuji Jepang

Australia mencetak gol lagi lewat pemain pengganti Craig Goodwin pada menit ke-89. Plus lewat Harry Souttar pada injury time. Tepatnya pada menit ke-91. Australia pun lolos ke perempat final.


INDONESIA dibabat Australia 0-4, Shin Tae-Yong berterima kasih pada pemain. Foto: pemain Indonesia bersedih ketika Australia mencetak gol ketiga pada menit ke-89.-Hector Retamal-AFP

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong merasa bahwa hasil 0-4 terlalu menyakitkan buat timnya. Ia terutama menyesali gol pertama Australia yang tercipta akibat kecerobohan barisan belakangnya.

"Kalau kami tidak kebobolan duluan lewat gol defleksi di babak pertama tadi, mungkin hasil akhir akan sama sekali berbeda," ungkap Shin Tae-yong, dalam konferensi pers usai pertandingan yang dikutip AFP.

BACA JUGA:Piala Asia 2023: Melihat Kembali Perjalanan Timnas Indonesia Hingga Capai 16 Besar

BACA JUGA:Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Skuad Garuda Tantang Australia pada 28 Januari

"Kami tidak bermain buruk. Sehingga, meskipun kalah 0-4, aku ingin bertrima kasih kepada para pemainku," lanjut pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Australia, di sisi lain, sangat puas dengan hasil ini. Ini adalah kali ketiga mereka membukukan clean sheet sepanjang turnamen Piala Asia 2023. Matthew Ryan dkk hanya kebobolan 1 gol. Tepatnya ketika bermain imbang 1-1 saat melawan Uzbekistan di laga terakhir penyisihan Grup B.

Di babak perempat final, The Socceroos akan menghadapi pemenang laga antara Arab Saudi versus Korea Selatan.

"Indonesia lumayan menyulitkan kami. Secara fisik, mereka sangat besar dan kuat," ungkap Graham Arnold. "Sejak awal aku sudah mengingatkan para pemain untuk siap bertarung secara fisik," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: afp