Salam 4 Jari, Soft Marketing

Salam 4 Jari, Soft Marketing

Ilustrasi salam 4 jari.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

5) Penghitungan suara (26 Juni 2024–27 Juni 2024).

6) Rekapitulasi hasil penghitungan suara (27 Juni 2024–20 Juli 2024).

Di putaran kedua itulah maksud tujuan salam empat jari. Supaya paslon nomor 2 kalah.

Sepertinya pencetus salam itu sudah tahu bahwa hasil pilpres nanti sama dengan hasil survei elektabilitas paslon sekarang dengan ranking sesuai urutan: 2, 3, 1. Lalu, pencetus salam menganjurkan pendukung paslon 1 dan 3 bergabung, mencoblos yang bukan nomor urut 2.

Berarti, salam itu ujung-ujungnya bermaksud: dukunglah paslon nomor urut 3. Seandainya benar demikian, pasti ini ada bohirnya. Bohir paslon nomor 3.

Dengan begitu, salam itu kampanye halus (soft campaign). Sebab, caranya dibikin berliku untuk mencapai tujuan. Seperti halnya soft selling marketing. Strategi pemasaran melalui pendekatan tidak langsung. Inilah inovasi kampanye Pilpres 2024. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: