2.005 Wiswan Kunjungi Surabaya dengan Kapal Pesiar AIDAbella

2.005 Wiswan Kunjungi Surabaya dengan Kapal Pesiar AIDAbella

Tarian jaranan yang menghibur kedatangan penumpang kapal pesiar AIDAbella yang sandar di Dermaga Jamrud Utara, Surabaya Jawa Timur, Selasa, 30 Januari 2024.-Moch Sahirol Layeli-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kapal pesiar AIDAbella bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Selasa  dini hari, 30 Januari 2024. Kapal pesiar yang menampung 2005 wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara tersebut akan mengunjungi sejumlah destinasi menarik di Surabaya.

Begitu tiba di Surabaya, para turis disambut kesenian tradisional khas Jawa Timur. Para turis menyaksikan penampilan jaranan, dadak merak, jathil, ganongan, dan warok dari grup Reog Singo Wibowo. Juga digelar karpet merah dari pintu keluar kapal menuju pelabuhan. 

Selain sejumlah kesenian, hadir juga Cak dan Ning Surabaya yang menyambut para turis. Pemuda pemudi Surabaya itu menyambut dengan senyum keramahan.

General Manager Terminal Kalimas dan Gapura Surya Nusantara (GSN) Dhany Rachmad Agustian menyebutkan, kenaikan signifikan wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia mencapai 75%. “Sebanyak 21.000 turis akan masuk ke Surabaya pada 2024,” kata Dhany.

BACA JUGA:Kapal Pesiar Seven Seas Explorer Mampir ke Tanjung Perak, Cuma Sampai Pukul 16.00!

BACA JUGA:Pergerakan Wisman Januari-Maret 2023 Capai 2,25 Juta Orang

Pelindo selaku pengelola pelabuhan turut bersinergi dengan Pemerintah Kota Surabaya. Para wisatawan asing tersebut akan berkunjung ke spot-spot wisata Surabaya seperti Balai Kota, Tugu Pahlawan, Joko Dolog, Trowulan Majapahit, Tretes, dan destinasi lainnya.

Usai mengelilingi Surabaya,kapal pesiar berbendera Italia yang turut menampung 3.000 kru kapal itu melanjutkan perjalanan pada pukul 19.00 WIB menuju Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, atau biasa dikenal dengan Pulau Komodo.


Penumpang yang merupakan wisatawan asing turun dari kapal pesiar AIDAbella yang sandar di Dermaga Jamrud Utara, Surabaya Jawa Timur, Selasa, 30 Januari 2024.-Moch Sahirol Layeli-

Menurut Dhany, kunjungan kapal pesiar ke Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. “Perkiraan di 2024 ini, di seluruh Indonesia, akan bersandar 82 kapal pesiar. Tentu hal ini amat potensial dan menggembirakan dari sektor pariwisata di Indonesia,” ucap Dhany.

Herman, salah satu turis asing asal Austria, mengunjungi Surabaya bersama Anna, istrinya. Herman pernah tinggal di Indonesia selama 12 tahun sejak 1983. Kunjungan ini bukanlah yang pertama kali bagi Herman di Surabaya.

“I want to see some nice things here. In Surabaya, I will visit the general area around the city, the old town and I want to see some cultures,” kata Herman.

Bagi masyarakat yang tertarik melihat kapal pesiar AIDAbella, bisa berkunjung ke Surabaya North Quay. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 10.000, pengunjung bisa menikmati ragam produk unggulan dari bazar UMKM yang terselenggara. ()

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: