Rayakan HPN, Ini 5 Film Tentang Dunia Jurnalistik

Rayakan HPN, Ini 5 Film Tentang Dunia Jurnalistik

Rayakan HPN, ini 5 film tentang dunia jurnalistik--

HARIAN DISWAY - Tanggal 9 Februari adalah momen istimewa bagi wartawan Indonesia karena diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN) oleh Persatuan wartawan Indonesia (PWI).

Perayaan HPN 2024 mengusung tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”. Hal tersebut berkaitan dengan kondisi Indonesia saat ini yang akan segera menentukan pemimpin negara. Oleh karena itu, peran media dan wartawan sangat penting akan momen tersebut.

Dalam perayaan Hari Pers Nasional, Anda juga dapat mengulik beberapa kisah menarik yang membawa peran wartawan di dunia perfilman. Berikut adalah 5 film yang mengisahkan tentang perjuangan para wartawan.

1. Spotlight


Rayakan HPN, ini 5 film tentang dunia jurnalistik, Spotlight--

Ini adalah salah satu film yang membawa kita untuk menyaksikan kisah seorang jurnalis ulung, Marty Baron dari The Boston Globe, yang memimpin perburuan kebenaran di tengah lapisan kabut rahasia. Perjuangan melawan tembok diam terkuak ketika Baron memimpin penyelidikan tentang kasus pedofilia yang mengguncang gereja Katolik Roma.

Sorotan jatuh pada sosok John Geoghan, seorang pastur yang terjerat dalam jaringan pelecehan seksual terhadap anak-anak. Meski kesewenang-wenangan tersebut telah meresap dalam lingkungan gerejawi, upaya untuk merahasiakannya menjadi agenda utama bagi banyak pihak yang terlibat.

BACA JUGA: Sejarah di Balik Hari Kebebasan Pers Sedunia dan Temanya Tahun ini

2. A Private War


Rayakan HPN, ini 5 film tentang dunia jurnalistik, A Private War--Popbela.com

Sebuah film yang menggambarkan suasana penuh kekacauan di medan perang, mengisahkan Marie Colvin, seorang jurnalis yang menghadapi bahaya tanpa mengenal rasa takut, bertekad untuk menyampaikan cerita-cerita dari garis depan. Namun, tidak hanya aksi heroiknya yang ditampilkan, ada juga tekanan psikologis yang menekan bahu sang jurnalis.

Film ini memperlihatkan banyak konflik yang terjadi, baik dalam konteks pertempuran maupun dalam kisah-kisah pribadi sang jurnalis. Dari kebrutalan medan perang hingga cerita pilu yang mengguncang hati, penonton disuguhkan dengan pengalaman mendalam tentang realitas keras di medan tempur dan perjuangan personal yang melilit.

3. The Post


Rayakan HPN, ini 5 film tentang dunia jurnalistik, The Post--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: