Ini Faktor PDIP Sukses Hattrick Menangkan Pileg

Ini Faktor PDIP Sukses Hattrick Menangkan Pileg

Megawati Soekarnoputri saat menyampaikan pidato politik di HUT ke-51 PDI Perjuangan, 10 Januari 2024.-PDIP-

HARIAN DISWAY--Perolehan suara melalui hitung cepat Ganjar Pranowo dan Mahfud Md terhitung paling kecil.

Tetapi, PDI Perjuangan sebagai partai pengusung boleh tetap besar hati. Sebab, perolehan suara dalam pemilihan legislatif menempati urutan pertama.

Quick count Pileg 2024 sejumlah lembaga survei sudah mendekati final. Data yang masuk di atas 95 persen. Dan PDI Perjuangan rata-rata meraih suara hampir 17 persen.

BACA JUGA:Survei ARCI: Gerindra dan Golkar Berpotensi Salip PDIP Hingga PKB di Jatim

Tentu, angka itu menurun bila dibandingkan Pileg 2019 yang mencapai 19,33 persen. Namun, jumlah tersebut cukup untuk mengantarkan PDI Perjuangan sebagai pemenang pileg tiga kali berturut-turut.

Dari data yang sama, ada delapan partai yang lolos ke Senayan. Yakni PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, PKB, Nasdem, PKS, PAN dan Demokrat. Sedangkan PPP belum bisa menyentuh ambang batas parliamentary threshold 4 persen.

“Jika hasil KPU sesuai dengan quick count kami, maka PDIP telah hattrick memenangkan pemilu legislatif,” kata peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA Adjie Alfaraby, dalam paparannya secara daring, Kamis, 15 Februari 2024.

BACA JUGA:Habiburokhman: Gerindra Salip PDIP di Jatim karena Efek Prabowo-Gibran

Ia mengungkap salah satu faktor yang membuat PDIP kembali menjadi pemenang. Yakni basis kekuatan suara masyarakat kelas bawah atau wong cilik, terutama mereka yang berpendapatan di bawah Rp 2 juta per bulan.

Ada tiga wilayah yang menunjukkan loyalitas pemilih di kandang banteng tetap terjaga. Misalnya, PDIP meraih 28,22 persen suara di Jawa Tengah dengan base 13,9 persen dan margin of error 1,5 persen.

Kemudian, meraih suara 52,3 persen di Bali dengan base 1,6 persen dan margin of error 4,3 persen. Juga 35,43 persen di Sulawesi Utara dengan base 1,0 persen dan margin of error 5,6 persen. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: