Tetap Berkomitmen untuk Tingkatkan Kecakapan Digital Masyarakat

Tetap Berkomitmen untuk Tingkatkan Kecakapan Digital Masyarakat

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menyelenggarakan Kick-Off Program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2024.--

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menyelenggarakan Kick-Off Program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2024. Itu merupakan bagian dari komitmen untuk terus meningkatkan literasi digital masyarakat.

 

“Tahun 2024, Kominfo terus fokus dalam komitmen untuk melanjutkan Indonesia Makin Cakap Digital demi menyongsong Indonesia Emas 2045-2046,” jelas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan saat kick off di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat, kemarin (19/2).

 

Menurut Semuel, literasi digital merupakan bagian dari penyelenggaraan transformasi digital yang memegang prinsip “Nobody Left Behind”. Sasaran utama program itu adalah masyarakat yang masih belum terpapar literasi digital sama sekali. Sebab, sejatinya program literasi digital hadir bagi mereka yang memang membutuhkan.

 

“Maka dari itu, pemilihan peserta dalam kegiatan haruslah diperhitungkan. Kita harus fokus kepada mereka yang belum terpapar literasi di bidang digital, sehingga tidak ada yang ketinggalan,” lanjutnya.

 

Seperti tahun sebelumnya, program IMCD 2024 kembali menekankan pentingnya empat pilar literasi digital. Keempatnya adalah kecakapan digital (digital skill), keamanan digital (digital safety), budaya digital (digital culture), dan etika digital (digital ethics). Keempat pilar tersebut penting menjadi pegangan, agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan lebih baik.

 

“Yang diharapkan adalah peserta memahami empat pilar literasi digital itu sehingga dapat berkegiatan di ruang digital dengan lebih aman, nyaman, dan semakin produktif,” lanjut Semuel.

 

Kemarin turut hadir pula Direktur Pemberdayaan Informatika, Slamet Santoso. Sejalan dengan yang disampaikan Semuel, Slamet menyampaikan harapannya kepada seluruh penyedia yang terpilih untuk menjadi perpanjangan tangan Kemenkominfo dalam melaksanakan program IMCD 2024 dengan penuh tanggung jawab. Dia juga berpesan agar semua penyedia juga menjunjung nilai akuntabilitas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: