Hari Tanpa Bayangan Datang Lagi Mulai Hari Ini, Surabaya Kapan?

Hari Tanpa Bayangan Datang Lagi Mulai Hari Ini, Surabaya Kapan?

HARI tanpa bayangan datang lagi mulai hari ini, Surabaya kapan? Foto: sekelompok orang di Hyderabad, India, merayakan hari tanpa bayangan.-NDTV-

HARIAN DISWAY - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat fenomena hari tanpa bayangan kembali hadir di wilayah Indonesia. Fenomena tersebut terjadi mulai hari ini, Rabu, 21 Februari 2024.

Fenomena itu ditandai dengan peristiwa saat posisi matahari berada pada letak paling tinggi di langit. Disebut juga sebagai kulminasi utama, ketika deklinasi matahari selaras dengan lintang pengamat.

Pada peristiwa ini, posisi matahari bakal terletak tepat di atas kepala. Dari sinilah nama tanpa bayangan diambil, karena bayangan pada benda tegak akan tampak menghilang akibat bertumpang tindih dengan bendanya sendiri.

BACA JUGA:Sering Hujan? Ini Analisis Cuaca BMKG Untuk Periode Februari 2024

Oleh karena itu, peristiwa kulminasi utama ini sering dikenal sebagai hari tanpa bayangan.


HARI tanpa bayangan datang lagi mulai hari ini, Surabaya kapan?-NDTV-

Mengutip dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena hari tanpa bayangan merupakan akibat dari gerak semu harian matahari.

Gerak semu harian matahari berangkat dari faktor bidang ekuator atau rotasi bumi yang tidak berhimpit dengan bidang ekliptika atau revolusi bumi.

BACA JUGA:BMKG Sebut Bencana Hidrometeorologi di Jawa Barat Akibat Curah Hujan Tinggi

BACA JUGA:BMKG: Cuaca di Jawa Bali Pada Periode Pergantian Tahun Relatif Cerah

Hal itu mengakibatkan letak matahari dan bumi akan tampak berubah terus sepanjang tahun, antara 23,5 derajat LU hingga 23,5 derajat LS.

Pada tahun 2024 ini, matahari terletak tepat di khatulistiwa pada tanggal 20 Maret 2024 pukul 10.06 WIB dan 22 September 2024 pukul 19.43 WIB.

Selain itu, pada 21 Juni 2024 pukul 03.50 WIB matahari terletak pada titik balik utara dan pada 21 Desember 2024 pukul 16.20 WIB  matahari terletak pada titik balik selatan.


HARI tanpa bayangan datang lagi mulai hari ini, Surabaya kapan? -Sambad English-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg