Menteri AHY dan Pergeseran Bandul Politik

Menteri AHY dan Pergeseran Bandul Politik

Prosesi Pelantikan AHY Menjadi Menteri ATR--Instagram Presiden Jokowi

SALAH SATU sindiran yang sering menerpa AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) adalah nol pengalaman menjadi pejabat publik. Itulah yang kadang kala muncul saat ia maju di pilgub Jakarta dan berancang-ancang di pilpres lalu. 

Bahkan, pernah muncul sindiran berbau guyon, jadi ketua RT saja dulu. 

Maklum, karier militer AHY terhenti di pangkat mayor. Ia kemudian tiba-tiba jadi ketua umum Partai Demokrat. Menggantikan bapaknya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

BACA JUGA: AHY Dilantik Jadi Menteri ATR, Ini Jumlah Harta Kekayaannya

Kini Presiden Jokowi memberikan panggung jabatan publik sebagai menteri agraria dan tata ruang merangkap kepala BPN. Menggantikan Marsekal (purn) Hadi Tjahjanto yang bergeser menjadi menteri koordinator polhukam. 

Itu jabatan publik pertama bagi AHY. Berakhir Oktober tahun ini. Waktu singkat, tapi tetap menjadi perhatian publik. Sebab, ia merupakan anak mantan presiden yang diperhitungkan sebagai calon presiden mendatang. 

Bila nanti ia ingin maju di pilpres berikutnya, sudah ada portofolio jabatan publik. Sekaligus menghapus nyinyiran ”nol pengalaman” itu.

BACA JUGA: Resmi Dilantik, Ini Tugas dan Fungsi AHY sebagai Menteri ATR/Kepala BPN

Hitung-hitung tambah pengalaman bagi AHY sebelum bergabung dengan kabinet Prabowo Subianto –bila akhirnya tetap dinyatakan menang pilpres dan dilantik sebagai presiden. Bisa jadi, Prabowo akan melanjutkan AHY di pos menteri ATR. Kendati, banyak suara netizen yang ingin menjadikan AHY sebagai kandidat menteri pertahanan. 

Untuk pos menhan, Prabowo bakal memilih sosok senior yang sangat dipercayainya. Sangat mungkin, kursi yang ia duduki selama lima tahun itu  jatuh ke Sjafrie Sjamsoeddin, jenderal bintang tiga yang baru saja meraih gelar doktor di Universitas Pertahanan (Unhan). 

Apalagi, Sjafrie pernah menjabat wakil menteri pertahanan. Dan, yang penting, Sjafrie konco plek Prabowo. Mereka sudah berkawan akrab saat reformasi meletus. Saat itu Prabowo menjadi Pangkostrad dan Sjafrie menjabat Pangdam Jaya.

BACA JUGA: AHY Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Sudahkah Jokowi Izin ke PDIP?

Pengangkatan AHY sebagai menteri Jokowi itu juga menandai pergeseran bandul politik. Yakni, berubahnya peta politik yang riil. 

Di awal pemerintahan Jokowi, SBY pernah mengungkapkan mempunyai hambatan berkoalisi dengan pemerintahan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: