Berjalan Sejak 2022, Basuki Hadimuljono Pantau Proyek Infrastruktur IKN

Berjalan Sejak 2022, Basuki Hadimuljono Pantau Proyek Infrastruktur IKN

Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.-setkab-

HARIAN DISWAY - Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bersama Haerul Saleh, Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memantau perkembangan pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP), yang berada di Kalimantan Timur pada Rabu, 21 Februari 2024. 

Perkembangan proyek infrastruktur dasar IKN Tahap 1 sebanyak 40 paket sudah menjangkau angka 74,87%. 

Basuki menerangkan bahwa perkembangan proyek pembangunan IKN sudah selaras dengan target dan agenda pelaksanaan yang sebelumnya sudah ditentukan oleh pemerintah. 

BACA JUGA:Menpanrb: PNS Penghuni IKN Wajib Berakhlak dan Menguasai Literasi Digital

“Saya kira dari sisi waktu pelaksanaan dan target-target pekerjaan masih on schedule," ujar Basuki.

Menteri yang akrab disapa Pak Bas itu juga menjelaskan bahwa Kementerian PUPR telah membangun infrastruktur IKN mulai awal September 2022. 

Di antaranya pembangunan kantor-kantor pemerintahan di KIPP, konektivitas, sanitasi dan penyediaan air baku. 

BACA JUGA:Smart City IKN Dikendalikan dari Satu Command Center, Pemerintah Jalin Kerjasama Dengan Perusahaan Finlandia

Proyek infrastruktur dasar dan gedung pemerintahan di KIPP merupakan penyokong penting dalam menciptakan kepercayaan publik serta menjadi daya tarik bagi investor di IKN. 

"Beberapa waktu lalu sudah dilakukan 3 (tiga) seri ground breaking oleh Presiden Joko Widodo. Misalnya gedung perkantoran, rumah sakit, dan hotel. Hari ini kami hadir lengkap bersama para Dirjen. Kami juga menyambut baik proses audit BPK untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan di IKN dilaksanakan dengan tata kelola yang baik," ucap Basuki. 

Agenda kunjungan kerja yang ditujukan untuk Audit BPK itu dimulai dari Kota Balikpapan, melalui Jalan Tol Akses IKN, mengarah ke Jembatan Pulau Balang sampai Bandara VVIP IKN. 

BACA JUGA:Bandara VVIP IKN Diuji Coba Juli 2024

Setelahnya, berlanjut ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN sembari memantau Kantor Presiden dan Lapangan Upacara di Kawasan Istana Kepresidenan, tower hunian ASN, hingga berlanjut ke Bendungan Sepaku Semoi. 

Danis Sumadilaga, Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, menyatakan sampai penutupan tahun 2024, pembangunan IKN memiliki dua batch. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: