Keutamaan Malam Nisfu Syaban, Dibukakan 300 Pintu Rahmat dan Ampunan

Keutamaan Malam Nisfu Syaban, Dibukakan 300 Pintu Rahmat dan Ampunan

Keutamaan malam nisfu syaban, dibukakan 300 pintu rahmat dan ampunan--Ilustrasi

HARIAN DISWAY - Pada malam ke-14 bulan Syaban, umat Islam merayakan malam Nisfu Syaban. Nisfu syaban tahun ini jatuh pada 25 Februari 2024. Sehingga pada 24 Februari 2024 pun diperingati sebagai malam Nisfu Syaban. Banyak keutamaan malam Nisfu Syaban yang wajib diketahui umat muslim.

Dalam buku "Dalam Naungan Bulan Penuh Kemuliaan" karya Gus Arifin, terdapat paparan mengenai keutamaan-keutamaan malam Nisfu Syaban, sebagai berikut.

1. Memperoleh Ampunan Dosa

Dalam hadits riwayat Ibnu Majah, tercatat bahwa sahabat Abu Musa Al-Asy'ari RA pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda,

"Sesungguhnya Allah pada malam Nisfu Syaban mengawasi seluruh makhluk-Nya dan mengampuni semuanya kecuali orang musyrik dan orang yang pemarah kepada sesama muslimin."

Maka dari itu, malam Nisfu Syaban merupakan kesempatan emas bagi umat Islam untuk mengangkat tangan mereka dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Apakah Boleh Puasa Sunnah dan Qadha Setelah Nisfu Syaban?

2. Mendapatkan Pertolongan dan Syafaat

Imam al-Ghazali, dalam karyanya "Ihya 'Ulumuddin" menggambarkan malam Nisfu Syaban sebagai malam yang dipenuhi dengan pertolongan dan syafaat dari Allah SWT. Seperti yang disebutkan juga dalam hadits, Mu'adz bin Jabal meriwayatkan bahwa, Rasulullah SAW bersabda:

يَطَّلِعُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لَجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ

Artinya: "Pada malam Nisfu Syaban (pertengahan bulan Syaban), Allah akan mengumumkan kepada manusia, bahwa Dia akan mengampuni orang-orang yang mau beristighfar, kecuali kepada orang-orang yang menyekutukan-Nya, juga orang-orang yang suka mengadu domba (menciptakan api permusuhan) terhadap saudara muslim." (HR Thabrani & Ibnu Hibban)

BACA JUGA:Puasa Sebentar Lagi, Sidang Isbat Akan Digelar 10 Maret 2024

3. Dibukakan 300 Pintu Rahmat dan Ampunan 

Dalam satu riwayat hadits, terungkap keutamaan malam Nisfu Syaban sebagai malam terbukanya pintu-pintu rahmat dan ampunan Allah SWT. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Jibril telah datang kepadaku pada malam Nisfu Syaban lalu berkata, 'Wahai Muhammad, pada malam ini dibuka pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat, oleh karena itu, bangunlah dan dirikanlah shalat, serta angkatlah kepalamu dan kedua tanganmu ke langit (Berdo'a).' Kemudian Nabi bertanya, 'Apakah arti malam ini?' Jibril pun menjawab, 'Malam ini telah dibuka 300 pintu rahmat dan pintu ampunan, Allah SWT orang akan mengampuni dosa sekalian yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu. Kecuali ahli sihir, tukang ramal, orang yang suka bermusuhan, orang yang suka mengadu domba, pemabuk, orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, dan orang yang memutuskan silaturahmi. Mereka tidak akan diampuni oleh Allah SWT'."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: