Ketika Red Bull Menggocek Tim-Tim Formula 1 Lewat Mobil RB 20

Ketika Red Bull Menggocek Tim-Tim Formula 1 Lewat Mobil RB 20

Red Bull kecoh tim-tim F1 dengan pengembangan mobil RB20-Red bull-site

HARIAN DISWAY - Jelang seri perdana Formula 1 (F1) 2024 di Bahrain pada Jumat, 1 Maret 2024, tim Red Bull kembali menjadi sorotan dengan terobosan baru pada mobil RB 20.

Berbeda dari tim lain yang meniru konsep RB 19, Red Bull justru melakukan inovasi berani dengan mengubah sidepods dan engine cover, mengikuti konsep zeropod yang pernah dicoba Mercedes pada musim 2022.

Adrian Newey, desainer legendaris Red Bull, menjelaskan alasan di balik perubahan itu.

"Kami tahu yang lain akan mengikuti dan meniru konsep kami, jadi jika kami masih mengembangkan mobil dengan konsep yang sama seperti musim lalu maka itu tidak akan cukup bagi kami," jelas Newey, dikutip dari German Auto Motor und Sport.

BACA JUGA:Masih Over Power! Fernando Alonso Prediksi Max Verstappen Jadi Juara Dunia F1 2024

Red Bull melakukan pendekatan baru dengan membuat sidepods berbentuk seperti kotak email vertikal dan horizontal, dan menambah lubang air intake pada cockpit untuk mendinginkan komponen di dalam mobil.


Inovasi sidepod Red Bull pada mobil RB 20-Variety-site

Inovasi tersebut terbukti membuahkan hasil, Verstappen masih menjadi yang tercepat dalam tes pramusim hari pertama dengan gap yang cukup meyakinkan.

Budget Cap tidak menjadi penghambat Red Bull dalam melakukan terobosan baru itu.

Tim tersebut fokus mengembangkan mobil RB 20 sejak setahun lalu, ketika kebanyakan tim lain masih berkutat dengan masalah mobil di musim 2023.

BACA JUGA:Trek F1 Pertama di Timur Tengah, Bahrain Grand Prix Memasuki Usia 20 Tahun

Red Bull bahkan sudah bersiap mengembangkan mobil RB 21 untuk musim 2025, bahkan sebelum musim 2024 dimulai.

Pertanyaannya: Akankah terobosan baru ini mengantarkan Max Verstappen dan Sergio Perez meraih dominasi di musim 2024? Kita tunggu saja aksinya di Bahrain! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber