Menteri PANRB Resmikan 16 Mal Pelayanan Publik, Lanjut Siapkan Keterpaduan Layanan Digital

Menteri PANRB Resmikan 16 Mal Pelayanan Publik, Lanjut Siapkan Keterpaduan Layanan Digital

Peresmian 16 mal pelayanan publik bersama Menteri PANRB. --kemenpanrb.go.id

HARIAN DISWAY - Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas telah meresmikan 16 Mal Pelayanan Publik (MPP) dan mulai siapkan keterpaduan layanan melalui digital.

Pemerintah  mempersiapkan layanan digital melalui portal nasional yang akan menginteroperabilitaskan berbagai layanan publik utama pemerintah kepada masyarakat. Sebanyak 60 daerah memberikan pernyataan akan berkomitmen dalam memperkuat transformasi digital melalui MPP digital. 

BACA JUGA: Mal Pelayanan Publik Sidoarjo Jadi Ruang Isolasi Lagi

Diharapkan melalui MPP Digital ini tantangan terkait layanan yang kompleks kedepannya akan semakin mudah. Menteri Anas mengimbau kepada daerah untuk mengedepankan fungsi MPP. Setidaknya pelayanan publiknya terfokus pada empat aspek, yaitu direct services, mobile services, self services, dan electronic services.
Menteri PANRB dalam peresmian 16 mal pelayanan publik. --kemenpanrb.go.id

Transformasi digital ini akan diintegrasikan melalui layanan prioritas yang mudah diakses masyarakat. Layanan tersebut termasuk layanan kesehatan, layanan pendidikan, bantuan sosial, identitas digital berbasis data kependudukan, layanan Satu Data Indonesia, transaksi keuangan, integrasi portal service, layanan aparatur negara, hingga SIM online

BACA JUGA: Sempurnakan Proyek Infrastruktur Jokowi, Menteri PANRB Tekankan Kepemimpinan Digital di Kalimantan Timur

Untuk memperlancar program tersebut, Menteri Anas meminta agar kepala daerah mendorong masyarakatnya supaya mengurus Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Dengan IKD nanti akan menjadi Single Sing On (SSO) untuk mengakses ke banyak layanan digital. Jadi mohon para Bupati/Walikota, PNS dan masyarakat untuk mengurus IKD, sehingga dengan demikian kedepan orang tidak perlu lagi mengisi berulang-ulang, “ ujar Anas. 

Adapun 16 MPP yang telah diresmikan pada hari Kamis, 7 Maret 2024 kemarin, yaitu MPP Kota Medan, MPP Kabupaten Siak, MPP Kabupaten Seluma, MPP Kabupaten Sarolangun, MPP Kabupaten Bangka, dan MPP Kabupaten Mesuji.

MPP Kota Sukabumi, MPP Kabupaten Banjarnegara, MPP Kota Tegal, MPP Kota Probolinggo, MPP Kabupaten Katingan, MPP Kabupaten Lamandau, MPP Kabupaten Sukamara, MPP Kota Banjarmasin, MPP Kabupaten Gowa, dan MPP Kabupaten Wonosobo. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: website kemenpanrb.go.id