Bertemu Konjen RRT, Dahlan Iskan Ingin Datangkan Pemain Tiongkok ke Persebaya

Bertemu Konjen RRT, Dahlan Iskan Ingin Datangkan Pemain Tiongkok ke Persebaya

Dahlan Iskan berdiskusi dengan Konjen RRT Xu Yong, salah satunya membahas soal kerjasama mendatangkan pemain Tiongkok ke Persebaya.--

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Founder Harian Disway sekaligus Komisaris Persebaya Dahlan Iskan bertemu dengan Konjen RRT untuk Surabaya, Xu Yong di kantor Harian Disway, Selasa 12 Maret 2024. Dalam pertemuan itu dibahas sejumlah hal, termasuk kemungkinan kerjasama di bidang olahraga.

Ketika bicara mengenai potensi kerjasama di bidang olahraga, Dahlan Iskan langsung menyinggung soal Persebaya. Ia bercerita pernah mendatangkan pemain asal Tiongkok ketika masih menjabat sebagai Ketua Umum Persebaya.

"Saya pernah mendatangkan Zeng Cheng saat masih menjadi pengurus Persebaya. Dia pemain asal Wuhan. Setelah bermain di Persebaya kariernya kemudian melesat hingga menjadi kiper timnas Tiongkok," cerita Dahlan.

Zeng Cheng didatangkan dari klub Hubei Greenary yang berbasis di Wuhan. Saat didatangkan dengan status peminjaman, Zeng Cheng masih berusia 18 tahun, 1 bulan, 21 hari. 

Zeng Cheng didatangkan 1 Maret 2005 dan kemudian balik 22 September 2005.


Dahlan Iskan bersama Zeng Cheng ketika didatangkan ke Persebaya pada 2005 silam.--Persebaya.id

BACA JUGA:Hadapi Tantangan Bulan Ramadhan, Paul Munster Siapkan Strategi Latihan Baru

Selepas menjalani peminjaman di Persebaya, Zeng Cheng kemudian berkarier profesional di Liga Tiongkok. Ia kemudian mendapatkan kesempatan menjadi kiper utama timnas.

Ia menjalani debut sebagai kiper Timnas Tiongkok sejak 1 Juni 2009. Total hingga pensiun -pada 2019- Zeng Cheng sudah mencatatkan 42 caps.

Mendengar nama Zeng Cheng, Xu Yong manggut-manggut. Ia setuju kerjasama di bidang sepak bola antara Tiongkok dengan Persebaya dijalin lagi.

BACA JUGA:Paul Munster Puji Perkembangan Dua Pemain Ini, Persebaya Punya Wonderkid Baru!

"Mungkin kerjasama ini bisa kita tindaklanjuti lewat program sister city antara Surabaya dan dua kota di Tiongkok, Xiamen dan Guangzhou," katanya.

Sejak datang ke Surabaya pada 24 Oktober 2022, Xu Yong juga sudah bertemu dengan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Dalam pertemuan itu juga dibahas sejumlah hal yang bisa dikerjasamakan antara Surabaya dan sister city-nya di Tiongkok.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: