Euforia Mudik Lebaran, KAI Daop 8 Surabaya Siapkan Posko dan 341 Kereta

Euforia Mudik Lebaran, KAI Daop 8 Surabaya Siapkan Posko dan 341 Kereta

Seorang mekanik tengah melakukan pengecekan intensif terhadap lokomotif yang akan digunakan untuk angkutan Lebaran 2024, yang dilakukan di Depo Lokomotif 8 Surabaya, pada Senin, 18 Maret 2024. -Julian Romadhon-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pelbagai kesiapan menghadapi mudik Lebaran 2024 dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 SURABAYA. Posko angkutan Lebaran dimulai 5 hingga 16 April 2024. 

Persiapan juga dilakukan dari sektor sarana perkeretaapian. KAI Daop 8 menyiapkan 59 lokomotif dan 341 kereta penumpang yang dalam kondisi siap operasi. Diharapkan, mudik Lebaran 2024 berjalan lancar tanpa halangan apa pun.

BACA JUGA: Kemenparekraf Dan KAI Sebar Diskon 30 Persen Tiket Kereta Api Untuk Wisatawan Selama Mudik Lebaran 2024

"Perawatan sarana kereta api memegang peran penting dalam operasional perjalanan kereta api," ujar Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif Rabu, 20 Maret 2024.

Luqman menyebutkan bahwa pemeriksaan lokomotif dilakukan secara detail dan intensif. Di antaranya pada rangka bawah, bogie, alat perangkai kereta, alat pengereman, dan peralatan keselamatan kereta.

Demi kenyamanan pelanggan, petugas juga mengintensifkan pengecekan kebersihan interior dan eksterior kereta. Kemudian, sistem kelistrikan, termasuk AC dan audio-video, tempat duduk penumpang, dan kelaikan toilet.

BACA JUGA: Persiapan Mudik 2024, KAI Daop 8 Cek Lokomotif dan Beri Diskon 28 Perjalanan

"Petugas sarana lokomotif juga melakukan perawatan komponen lokomotif dan memastikannya berfungsi dengan baik dengan melakukan pemeriksaan mendetail pada engine, sistem angin, diesel, kelistrikan, dan mekanik," jelasnya. 

Luqman pun memastikan SDM bagian sarana kompeten dan profesional dalam menjalankan tugas. Sebanyak 339 pekerja sarana diketahui telah mengantongi sertifikat kompetensi tenaga pemeriksa sarana kereta api dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan surat tanda tamat pelatihan (STTP) dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan KAI.

"Manajemen juga secara rutin memberikan pembinaan kepada para petugas sarana minimal 12 kali dalam setahun yang meliputi standar operasional prosedur kerja, penggunaan alat pelindung diri, serta disiplin diri," jelasnya. 

Di sisi lain, KAI Daop 8 Surabaya menyiapkan sarana penolong berupa kereta penolong yang dilengkapi dengan peralatan P3K dan peralatan teknis. Sarana penolong ditempatkan di Depo Sidotopo, Depo Surabaya Pasarturi, dan Depo Malang. Tempat itu dipilih berdasar lokasi strategis apabila terdapat gangguan perjalanan KA. 

"Berbagai persiapan akan terus dilakukan KAI Daop 8 untuk tercapainya angkutan Lebaran yang selamat, aman, dan nyaman sehingga diharapkan dapat terwujud mudik yang ceria dan penuh cerita bermakna," jelasnya. 

BACA JUGA: Antisipasi 200 Juta Pemudik, KAI Daop 8 Siapkan 11 Kereta Tambahan

Selama masa angkutan Lebaran, KAI Daop 8 Surabaya akan mengoperasikan 54 perjalanan KA jarak jauh setiap hari. KA jarak jauh terdiri atas 43 KA reguler dan 11 KA jarak jauh tambahan untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan pada masa angkutan Lebaran 2024. Total kursi yang disediakan 30.340 kursi per hari. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: