KPU Umumkan Hasil Pemilu, Prabowo Bukber di Kertanegara

KPU Umumkan Hasil Pemilu, Prabowo Bukber di Kertanegara

Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka.--

HARIAN DISWAY - Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto akan berbuka puasa di kediamannya Kertanegara Jakarta Selatan pada Rabu, 20 Maret 2024. Di hari yang sama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil pemilihan umum termasuk pemilihan presiden (pilpres).

“Ya kumpul-kumpul lah,” kata Sekretaris Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran Nusron Wahid dalam pesan singkat pada Rabu pagi.

Nusron tidak mengelaborasi lebih lanjut apakah dia turut ambil bagian dalam buka puasa bersama Prabowo, dan ketika ditanya apakah ini sebagai bentuk syukuran hasil rekap yang bakal diumumkan KPU.

Hingga Selasa, 19 Maret 2024, KPU sudah melakukan rekapitulasi nasional di 36 provinsi. Tersisa dua provinsi, yakni Papua dan Papua Pegunungan yang belum direkapitulasi.

BACA JUGA:Diumumkan Hari Ini oleh KPU, Prabowo-Gibran Kuasai 36 Provinsi

BACA JUGA:Rekapitulasi Terkini: Prabowo-Gibran Menang Telak di 34 Provinsi, Tinggal 2 Provinsi Lagi Menuju Penetapan Hasil

Dari perhitungan suara itu, Prabowo yang berpasangan dengan Putra Presiden Joko Widodo – Gibran Rakabuming Raka unggul di 34 provinsi. Sedangkan, pasangan dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menang di dua provinsi. Pasangan yang didukung partai penguasa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Ganjar Pranowo- Mahfud Md belum menang di satu provinsi pun.

Secara keseluruhan, pasangan Prabowo-Gibran mengumpulkan suara 94.569.530 atau 58,51 persen dari suara sah. Pasangan Anies-Muhaimin memperoleh suara 40.494.840 atau 25,05 persen dari suara sah. Pasangan Ganjar-Mahfud mengumpulkan 26.568.003 suara atau 16,44 persen dari suara sah.

Dalam keterangan terpisah, Gibran menyebut belum berencana untuk ke Jakarta pada saat KPU menetapkan hasil Pemilu 2024. "Besok saya tetap di Solo, ya," ujar Gibran di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, kemarin.

BACA JUGA:Bukan Koalisi Gemuk, Prabowo Subianto Akan Bentuk Koalisi Gemoy

BACA JUGA:Prabowo Jenguk Elite PDIP Olly Dondokambey Awal Maret Ini

Meski perolehan suara pasangan Prabowo Subianto-Gibran sudah terlihat paling unggul jika dibandingkan dengan dua pasangan calon lainnya dalam penghitungan KPU, Gibran meminta kepada para pendukungnya supaya tetap tenang. "Ya tidak perlu euforia yang berlebihan," kata Gibran. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: