BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan Jamin Pelayanan Tetap Optimal di Libur Panjang Lebaran 2024

BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan Jamin Pelayanan Tetap Optimal di Libur Panjang Lebaran 2024

KEAPLA BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan dr Dina Diana P. memberikan penjelasan kepada jurnalis tentang pelayanan BPJS Kesehatan yang tetap buka selama libur panjang Lebaran. -Lailiyah Rahmawati-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang PASURUAN menjamin memberikan pelayanan optimal bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama libur panjang Lebaran tahun 2024 ini.

Bahkan, BPJS kesehatan menjamin peserta JKN tetap dapat mengakses pelayanan kesehatan meskipun sedang berada di luar daerah. Dengan tema Mudik Aman Berkesan Bersama BPJS kesehatan, pelayanan bagi peserta JKN tetap berjalan normal seperti hari-hari biasa. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan dr Dina Diana Permata mengungkapkan, selama cuti bersama libur Lebaran mulai 8 April hingga 15 April 2024, para peserta JKN tetap dapat mengakses pelayanan BPJS Kesehatan meskipun sedang berada di luar wilayah tempat fasilitas kesehatan tingkat pertama terdaftar.

Kantor cabang BPJS kesehatan juga tetap buka pada tanggal 8, 9, 12, dan 15 April 2024 dengan jam operasional pukul 08.00 sampai 12.00. 

"Kantor kami tetap buka untuk memberikan pelayanan bagi peserta JKN yang dalam kondisi darurat mau mengurusi administrasi atau membayar iuran," kata dr Dina saat menggelar konferensi pers Rabu, 20 Maret 2024.

Lebih lanjut, dr Dina menjelaskan, peserta JKN yang mudik ke luar kota juga tidak perlu khawatir dengan administrasi rumit jika ingin mengakses pelayanan BPJS Kesehatan.

Perempuan berkacamata itu mengatakan, peserta JKN yang ingin berobat di luar kota selama mudik bisa menggunakan KTP saja atau lewat aplikasi mobile JKN.

BACA JUGA: Senam Bersama Isi Piringku yang Libatkan 5.084 Siswa PAUD dan TK Sekota Pasuruan Catat Rekor MURI

"Peserta JKN bisa memperoleh pelayanan kesehatan pada FKTP di tempat mendaftar atau di luar wilayah sehingga kami juga mendorong seluruh faskes juga wajib memberikan pelayanan bagi peserta JKN selama libur panjang Lebaran ini," jelas Dina. 

Komitmen pelayanan optimal selama libur panjang Lebaran juga disampaikan Dinas Kesehatan Kota Pasuruan dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pasuruan.

Kepala bidang pelayanan dan sumber daya kesehatan Dinkes Kota Pasuruan Ika Anggraini memastikan seluruh faskes, khususnya puskesmas, juga tetap buka selama cuti bersama Idulfitri tahun ini. Ika juga menjelaskan bahwa pelayanan di IGD, PSC 119, dan di mal pelayanan publik (MPP) juga siaga. 

"Kami siap mendukung program pelayanan selama mudik Lebaran dari BPJS Kesehatan. Puskesmas tetap buka dari pukul 08.00 sampai 12.00. Kemudian, peserta JKN yang ingin melakukan aktivasi BPJS kesehatan juga bisa datang ke MPP. Artinya, kami siap membantu BPJS Kesehatan memberikan pelayanan optimal bagi peserta JKN di Kota Pasuruan," ujar Ika. 

Diharapkan, peserta JKN yang akan melakukan mudik ke luar kota untuk menjaga kesehatan sebaik-baiknya dan menyiapkan perbekalan obat yang cukup jika memiliki riwayat kesehatan yang rutin membutuhkan obat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: