Jatim Diserang Gempa 3 Kali dalam Sehari, Tak Salah Kenali Lagi Jenis dan Macam-macam Gempa

Jatim Diserang Gempa 3 Kali dalam Sehari, Tak Salah Kenali Lagi Jenis dan Macam-macam Gempa

Update info gempa susulan. Info gempa Mag: 6.5, 22-Mar-24 15:52:58 WIB, Lok:5.76 LS, 112.33 BT (130 km Timur Laut Tuban, Jatim), kedalaman: 10 km: BMKG. --

HARIAN DISWAY - Sepanjang Jumat, 22 Maret 2024 ini ada tiga gempa besar yang melanda Tuban. Mengutip BMKG, berikut ini tiga gempa dengan kekuatan di atas M5.0 yang terjadi di Tuban hari ini:

1. Gempa yang terjadi pada pukul 15:52:58 WIB. Terjadi di lintang -5.76 dan bujur 112.33. Kekuatan gempa ini mencapai M6.5 dengan kedalaman 10 km dan berpusat di wilayah 130 km Timur Laut Tuban, Jatim.

2. Gempa yang terjadi pada pukul 12:31:12 WIB dengan posisi lintang -5.74 dan bujur 112.36. Kekuatan gempa mencapai M5.3 dengan kedalaman 10 km dan berada pada wilayah 133 km Timur Laut Tuban, Jatim.

3. Gempa yang terjadi pada pukul 11:22:45 WIB dengan posisi lintang -5.74 dan bujur 112.32. Kekuatan gempa mencapai M6.0 dengan kedalaman 10 km di wilayah 132 km Timur Laut Tuban, Jatim.

Apa itu Gempa Bumi?

Gempa bumi adalah guncangan tanah yang disebabkan oleh pelepasan energi secara tiba-tiba di kerak bumi atau mantel bumi bagian atas.

Gempa bumi dapat berbeda durasinya, Mulai dari gempa yang sangat kecil sehingga hampir tidak terasa hingga gempa yang sangat kuat sehingga dapat mendorong orang ke udara sehingga mendatangkan malapetaka di seluruh kota.

Kegempaan atau aktivitas seismik, suatu wilayah, adalah frekuensi, jenis, dan ukuran gempa bumi yang dialami selama periode waktu tertentu. Pengukuran seismometer digunakan untuk mengukur gempa bumi.

Di seluruh dunia, magnitudo momen adalah skala yang paling umum terjadi ketika gempa bumi berkekuatan lebih dari lima magnitudo tercatat.

Gempa bumi menciptakan gelombang seismik yaitu getaran yang merambat melalui interior bumi atau sepanjang permukaannya.

Ada dua jenis gelombang seismik. Yaitu gelombang tubuh dan gelombang permukaan. Gelombang tubuh merambat melalui bagian dalam bumi, sedangkan gelombang permukaan merambat sepanjang permukaan bumi.

Gelombang P (primer) dan gelombang S (sekunder) adalah dua jenis gelombang tubuh. Gelombang permukaan meliputi gelombang Love dan gelombang Rayleigh.

Jenis Gempa Bumi

Pertama, ada lima jenis gempa, yakni tektonik, vulkanik, runtuh, ledakan dan tumbukan. Masing-masing jenis disebabkan oleh mekanisme yang berbeda dan menghasilkan jenis guncangan yang berbeda pula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: