Lebih Dari Dua Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa Bawean-Tuban

Lebih Dari Dua Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa Bawean-Tuban

Petugas BPBD melakukan inspeksi di salah satu rumah warga yang rusak akibat Gempa Bawean pada Jumat, 22 Maret 2024-BNPB-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Laporan kerusakan infrastruktur akibat Gempa Bawean-Tuban terus bertambah. 

Pusdalops BNPB melaporkan kerusakan terparah ada di wilayah Kabupaten Gresik. Terutama di Pulau Bawean.  

Di bumi Sunan Giri ini, tercatat total 304 unit rumah warga mengalami kerusakan berat, 835 unit rumah warga mengalami rusak sedang, dan 1.334 unit rumah mengalami rusak ringan

Kemudian sebanyak 11 unit fasilitas pendidikan rusak sedang dan 39 unit fasilitas pendidikan lainnya tercatat rusak ringan. 

Tujuh unit fasilitas ibadah rusak berat, delapan unit fasilitas ibadah lainnya rusak sedang. Kemudian 72 unit fasilitas ibadah kondisinya rusak ringan. Delapan gedung perkantoran juga dilaporkan rusak akibat gempa ini.

BACA JUGA:Warga Terdampak Gempa Bawean-Tuban Tembus 2.495 KK

Di Kabupaten Tuban, empat unit rumah mengalami rusak berat, delapan unit rumah rusak ringan, dua kandang milik warga rubuh, satu klenteng dan SDN Mandoka rusak ringan, serta satu Balai Desa mengalami rusak berat.


Rumah warga yang rusak di Pulau Bawean akibat gempa M5,9 dan M60 pada Jumat, 22 Maret 2024-BNPB-

Di Kota Surabaya, tercatat Rumah Sakit Husada Utama dan Gedung Sawunggaling milik Pemkot Surabaya di Jalan Jimerto juga mengalami kerusakan ringan. 

Dua bangunan ini menambah laporan kerusakan setelah sebelumnya dilaporkan dua unit rumah warga alami kerusakan ringan, serta RS Unair dan RSUD M Soewandhie yang juga mengalami kerusakan. 

Selanjutnya di Kabupaten Lamongan terdapat enam unit rumah rusak ringan, kemudian gedung RS Intan Medika, satu unit masjid, dan dua unit balai desa juga alami kerusakan ringan. 

BACA JUGA:Gempa Bawean, Nomeklatur Resmi BMKG Untuk Guncangan Tektonik di Laut Jawa Pada Jumat Siang dan Sore

Kemudian satu unit kantor kecamatan di Kabupaten Bojonegoro alami rusak ringan, satu unit rumah rusak sedang di Kabupaten Pamekasan dan satu unit rumah rusak ringan di Kabupaten Sidoarjo. 

Untuk Kabupaten Rembang, laporan masih sama dengan hari sebelumnya, yakni kerusakan tercatat di gedung RSUD dr. Soetrasno. 


Bangunan rusak di Kabupaten Tuban akibat gempa M6,5 pada Jumat sore-BNPB-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: