Awal Puasa Berbeda, Lebaran Kemungkinan Berbarengan, Ini Prediksi Kemenag

Awal Puasa Berbeda, Lebaran Kemungkinan Berbarengan, Ini Prediksi Kemenag

Menaq Yaqut Cholil dan Wamenag Saiful Rahmat Dasuki dalam sidang Isbat penetapan 1 Ramadan pada Minggu, 10 Maret 2024 lalu -Kemenag-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kementerian Agama (Kemenag) memprediksi Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 10 April 2024. 

Meski demikian, sidang isbat akan tetap dilaksanakan pada 9 April 2024 untuk menetapkan secara resmi jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1445 H. 

“Hari Raya Idul Fitri akan diselenggarakan secara bersama-sama bagi seluruh umat muslim di Indonesia, tapi nanti akan kita konfirmasi lagi pada tanggal 9 April untuk melakukan sidang isbat,” ujar Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki pada konferensi pers Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Senin, 25 Maret 2024.

Sejalan dengan Kemenag, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebutkan Idul Fitri hampir bisa dipastikan jatuh di tanggal 10 April 2024.

BACA JUGA:Dewan Masjid Surabaya Dukung SE Kemenag Tentang Pengeras Suara, Wujud Empati Kepada Umat Lain

BACA JUGA:Pasokan BBM dan LPG Selama Idul Fitri Aman, Ini Jaminan Dirut Pertamina

Saiful menambahkan, penetapan Hari Raya Idul Fitri ini berdasarkan perkiraan ketinggian hilal pada tanggal 9 April 2024 mendatang.

“Untuk sidang isbat tetap kita laksanakan pada tanggal 9 april 2024, dengan mempertimbangkan ketinggian hilal saat itu berkisar antara 4 derajat 52,7 menit sampai dengan 7 derajat 37,8 menit dan elongasi berkisar antara 8 menit sampai 23,08 derajat, 23,68 menit sampai dengan 10 derajat 12,94 menit,” papar Saiful.

Ia menyebutkan kriteria tersebut telah sesuai dengan kriteria visibilitas hilal dari Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), yakni hilal berada di ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.(Isro Nur Siti Khotidjah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: