Menko PMK Batasi Waktu Berhenti di Rest Area Hanya Selama 30 Menit

Menko PMK Batasi Waktu Berhenti di Rest Area Hanya Selama 30 Menit

Menko PMK dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024. ---Kemenko PMK

HARIAN DISWAY - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menghimbau para pemudik untuk tidak menggunakan rest area jalan tol lebih dari 30 menit.

Anjuran pembatasan ini menjadi bagian upaya penanganan mudik 2024, khususnya untuk mencegah terjadinya penumpukan antrean di rest area

“Untuk rest area sementara tetap waktunya. Namun, jika bisa kurang dari itu lebih bagus,” tutur Muhadjir dalam jumpa pers Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Senin, 25 Maret 2024.

BACA JUGA: Bawean Masih Diguncang Gempa Susulan, 33 Ribu Warga Memilih Bertahan

Selain itu Muhadjir menyebutkan pemerintah tengah mengupayakan penambahan fasilitas pada rest area tol. “Sekarang ini sedang kita simulasikan fasilitas-fasilitas tambahan terutama untuk toilet, dan toilet ini yang akan kita perbanyak adalah toilet untuk perempuan,” ujarnya.

Menurutnya, penambahan pada fasilitas toilet perempuan ini perlu dilakukan karena perempuan cenderung menggunakan toilet lebih lama. 

Lebih lanjut, pemerintah memprediksi akan ada kenaikan jumlah pemudik sebesar 50 persen dibandingkan dengan tahun 2023. Pada 2024 ini, diperkirakan akan ada sebanyak 193 juta pemudik.

BACA JUGA: Transformasi Posyandu Surabaya Ala Cak Eri: Tak Hanya Layani Ibu dan Anak!

Muhadjir berharap upaya pembatasan waktu beristirahat di rest area ini dapat mengurangi antrian panjang yang dapat mengganggu lalu lintas tol pada momen mudik tahun 2024. 

“Mudah-mudahan kasus yang terjadi tahun lalu, dimana antrian panjang yang mengganggu jalan itu akan bisa dikurangi,” ujarnya. (Isro Nur Siti Khotidjah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: