Cuaca Ekstrem Selama Mudik Lebaran, BMKG Minta Pemudik Waspada

Cuaca Ekstrem Selama Mudik Lebaran, BMKG Minta Pemudik Waspada

Ilustrasi. BMKG meminta masyarakat terutama pemudik untuk waspada karena potensi cuaca ekstrem masih membayangi masa mudik lebaran 2024-Bing Image, AI Generated-

HARIAN DISWAY - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta para pemudik untuk mewaspadai kondisi cuaca selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

Hal tersebut dikarenakan potensi cuaca ekstrem diprakirakan masih terus terjadi di beberapa wilayah selama musim mudik Lebaran 2024. Terlebih lagi, saat ini musim di Indonesia sedang berada pada masa peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

Dinamika atmosfer di Indonesia sangat dinamis, sehingga bisa tiba-tiba berubah," tutur Dwikorita setelah Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta Senin, 25 Maret 2024.


Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta, Senin 25 Maret 2024.--BMKG

BACA JUGA:KAI Daop 8 Skrining Ketat Masinis dan Asisten Masinis yang Akan Bertugas Pada Masa Mudik Lebaran

Dwikorita meminta kepada para pemudik untuk terus memantau informasi dan kondisi cuaca sebelum melakukan perjalanan mudik sebagai langkah antisipasi. 

“Pantau terus perkembangan info cuaca dan peringatan dini cuaca, gelombang tinggi, pasang air laut dan tsunami, serta info dini gempa bumi melalui aplikasi InfoBMKG dan Indonesia Weather Information for Shipping (InaWIS)” terang Dwikorita.


Pemudik dengan kapal laut diminta waspada dan selalu memantau perkembangan cuaca dari BMKG-Kemenhub-

Menurutnya apabila kondisi cuaca sedang tidak bersahabat, pemudik sebaiknya menunda perjalanan hingga kondisi cuaca kembali normal. Khususnya untuk pemudik dengan moda transportasi laut, karena akan sangat membahayakan.

BACA JUGA:Prediksi Puncak Arus Mudik Versi Menhub: Hindari Tanggal ini..

Secara umum, terdapat 3 macam fase periodik pekan mudik, diantaranya periode sepekan sebelum Lebaran 2024, sepekan saat Lebaran 2024, dan sepekan setelah Lebaran 2024.

Periode pertama yakni pada tanggal 3 April hingga 9 April 2024. Selama fase pertama ini, BMKG memprediksikan bahwa wilayah Indonesia akan diguyur hujan dalam kategori ringan hingga sedang. 


Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta, Senin 25 Maret 2024.--BMKG

Selanjutnya, pada periode kedua yang jatuh di tanggal 10 April hingga 16 April, kondisi cuaca Indonesia secara umum diprediksikan cerah hingga cerah berawan. Pada periode terakhir, 17 April hingga 23 April, prediksi BMKG menunjukkan potensi hujan ringan hingga sedang pada Indonesia bagian utara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg