KAI Daop 8 Skrining Ketat Masinis dan Asisten Masinis yang Akan Bertugas Pada Masa Mudik Lebaran

KAI Daop 8 Skrining Ketat Masinis dan Asisten Masinis yang Akan Bertugas Pada Masa Mudik Lebaran

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya melakukan sejumlah persiapan lokomotif sebelum arum mudik. -Julian Romadhon-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang pada mudik lebaran 2024. Keamanan dari segi armada kereta api dan sumber daya manusia (SDM) yang bertugas.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan seluruh SDM petugas operasional, baik masinis dan asisten masinis dipastikan sudah melalui sejumlah asesmen. Mereka juga dipastikan mematuhi Standard Operational Procedure (SOP) yang berlaku. 

BACA JUGA:Persiapan Angkutan Lebaran 2024, Kemenhub dan PT KAI Sediakan 1.664 Unit Kereta Api untuk Kelancaran Perjalanan

"Apabila terdapat masinis maupun asistan masinis yang tidak memenuhi syarat, maka tidak diperbolehkan bertugas dan wajib diganti petugas lain,” jelas Luqman pada Selasa, 26 Maret 2024.

Luqman memastikan seluruh tugas KAI selalu konsisten memprioritaskan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para pelanggan. Terutama pada masa angkutan lebaran sehingga tercipta Mudik Ceria, Penuh Makna sesuai dengan tagline Kementerian Perhubungan RI.


Menurutnya, salah satu kunci keselamatan kereta api adalah asesmen ketat pada awak sarana perkeretaapian. Untuk tujuan ini, para masinis dan asisten masinis diwajibkan datang 45 menit lebih awal untuk persiapan. Selanjutnya, mereka akan menjalani pemeriksaan kesehatan.

BACA JUGA:Jelang Lebaran 2024, KAI Daop 8 Surabaya Gencarkan Perawatan Jalur Kereta Api

Proses persiapan ketat ini dilakukan sebelum keduanya masuk ke lokomotif untuk menjalankan kereta api. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa petugas berada dalam kondisi prima saat bertugas.

“Setelah pemeriksaan kesehatan, masinis dan assistant masinis akan menjalani wawancara yang diberikan oleh penyelia dan melakukan tes tunjuk sebut semboyan perkeretaapian,” jelasnya. 

Setelah proses asesmen lengkap, mereka akan menerima dokumen serta perlengkapan perjalanan dinas. Kemudian menandatangani  pernyataan-pernyataan dinas. Mereka wajib memperhatikan dan memahami pengumuman dan instruksi di kantor UPT Crew KA.(Wulan Yanuwarti)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: