PUPR Akan Fungsikan 6 Ruas Jalan Tol Baru di Jawa dan Sumatera Untuk Dukung Kelancaran Mudik Lebaran 2024

PUPR Akan Fungsikan 6 Ruas Jalan Tol Baru di Jawa dan Sumatera Untuk Dukung Kelancaran Mudik Lebaran 2024

Tol Jakarta Cikampek II Akan Beroperasi Secara Fungsional Ketika Mudik Lebaran 2024-BPJT Kemen PUPR-

BACA JUGA:PBB Akhirnya Luluskan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza Sepanjang Bulan Ramadhan

“Tol Cimanggis-Cibitung kita fungsikan dengan harapan masyarakat dari arah Pamulang, Depok, Tangerang bisa masuk ke JORR-2 dan langsung ke Cikampek, sehingga mengurangi penumpukan di dalam kota,” kata Endra. 

Selain membuka tol fungsional baru di pulau Jawa, Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga akan membuka 3 ruas tol fungsional di Pulau Sumatera, yakni :

  • Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura dan seksi 3-4 Sinasak-Seribu Dolok sepanjang 56,6 kilometer
  • Tol Bangkinang-Tanjung Alai sepanjang 24,7 kilometer
  • Tol Indrapura-Kisaran seksi 2 Limapuluh-Kisaran sepanjang 32 kilometer

BACA JUGA:Prediksi Puncak Arus Mudik Versi Menhub: Hindari Tanggal ini..

Kementerian PUPR juga melakukan peningkatan kapasitas jalan tol dengan melakukan pelebaran lajur dari 3 lajur menjadi 4 lajur di ruas Cikampek-Palimanan sepanjang 14 kilometer dari KM 71-KM 85. 

Endra mengatakan penambahan ruas tol fungsional tidak hanya akan mengantisipasi kemacetan saat mudik lebaran tetapi juga dapat memudahkan akses destinasi pariwisata selama libur panjang.

Sementara itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan konektivitas antar daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan melanjutkan pembangunan jalan tol, ditandai dengan bertambahnya ruas-ruas jalan tol baru.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: