PSI Mulai Tercoreng

PSI Mulai Tercoreng

ILUSTRASI Ketua PSI Jakarta Barat Anthony Norman Lianto diduga memerkosa anggota baru PSI, PSI mulai tercoreng.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Partai Solidaritas Indonesia yang terkenal antikorupsi itu kini digoyang kasus pemerkosaan. Ketua PSI Jakarta Barat Anthony Norman Lianto diduga memerkosa anggota baru PSI, perempuan inisial WS, 29. Akhirnya, Anthony mundur dari PSI Selasa, 26 Maret 2024.

PENGUNDURAN DIRI itu kian menguatkan persepsi publik bahwa dugaan pemerkosaan itu memang terjadi. Sebab, Anthony juga tidak mengonfrontasi tuduhan tersebut ke publik.

Kejadiannya sudah cukup lama. Pada 5 dan 6 Desember 2023. WS juga sudah melapor ke pihak pengurus PSI, tapi hanya terus diproses dan digodok. Lalu, WS lapor Polda Metro Jaya, tapi juga belum mencapai rasa keadilan WS karena belum diproses. 

BACA JUGA: Suara PSI Menggelembung di Sirekap, KPU Salahkan OCR Tidak Akurat

Akhirnya diunggah di medsos X oleh W. Sehingga viral. Disusul pemberitaan media massa. Heboh. Pihak terduga pemerkosa, Anthony, tidak melakukan klarifikasi ke pers. tetapi, ia langsung mengundurkan diri dari PSI. Tanpa menjelaskan alasan pengunduran diri itu.

Diceritakan WS kepada wartawan, Rabu, 27 Maret 2024 secara kronologi, begini:

Bermula WS melihat situs resmi PSI. PSI membuka lowongan anggota baru. Itu pada pekan keempat November 2023. WS asal Solo, merantau ke Jakarta belum punya pekerjaan. Maka, ia mengirimkan lamaran ke PSI.

WS: ”Tanggal 29 November 2023 saya dipanggil pihak PSI. Saya disuruh datang ke Kopdarwil PSI. Lima hari kemudian, 4 Desember 2023, saya ditawari jadi buzzer PSI atau prajurit media sosial untuk meningkatkan elektabilitas PSI di pemilu yang akan digelar 14 Februari 2024.”

BACA JUGA: PSI Pecah Telur! Berpeluang Dapat Kursi di DPRD Jatim

WS langsung mau. Maka, dia diminta datang ke kantor PSI Jakarta Barat.

Pada 5 Desember 2023 pagi WS sudah tiba di kantor tersebut. Ternyata kantor sepi, tanpa orang. WS bingung celingukan, tak ada yang bisa ditanya. Dia masih menunggu di sana, menduga mungkin anggota PSI belum datang.

Lalu, HP-nya berdering. Dari nomor tak terdaftar di phone book. Ternyata si penelepon adalah Ketua DPD PSI Jakarta Barat Anthony. 

Dikatakan Anthony, hari itu di kantor memang sedang tidak ada orang. Anthony meminta WS menuju minimarket tak jauh dari sana. Dipandu arah menuju minimarket tersebut.

BACA JUGA: Komentar Jokowi soal Lonjakan Suara PSI Menuju Lolos ke Senayan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: