PLN Dukung Hilirisasi Mineral, Pasok Listrik 110 MVA ke Smelter Freeport Gresik

PLN Dukung Hilirisasi Mineral, Pasok Listrik 110 MVA ke Smelter Freeport Gresik

PLN UID Jawa Timur sukses melangusungkan proyek Tambah Daya Tahap Ketiga 110 MVA PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE Gresik -Media PLN UID Jawa Timur-

HARIAN DISWAY - PT PLN (Persero) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung hilirisasi mineral di Indonesia. Penyedia listrik Indonesia itu mengoperasikan Tambah Daya Tahap Ketiga 110 MVA untuk PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE Gresik.

Langkah itu merupakan kelanjutan dari keberhasilan PLN dalam menyediakan kebutuhan listrik sebelumnya. Tepatnya pada September 2023, ketika peluncuran Tahap Pertama 30 MVA dan Tahap Kedua 60 MVA pada Februari 2024.

“PLN siap memberikan pelayanan terbaik dengan menyediakan suplai energi listrik berdaya besar dan andal untuk mendukung pertumbuhan industri smelter di Gresik dan sektor industri lainnya,” terang Agus Kuswardoyo Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, 2 April 2024. 

Kecukupan pasokan listrik menjadi kunci penting dalam mendorong pertumbuhan industri. Sehingga, dengan beroperasinya PT Freeport Indonesia di Gresik, diharapkan akan muncul industri-industri turunan yang lebih hilir.

BACA JUGA:WNI di London Tak Bisa Nyoblos di Pemilu 2024, Ini Klarifikasi PPLN..

BACA JUGA:PLN Rampungkan Pembangunan GI 150 kV Kalasan


Pengoperasian Tambah Daya Tahap Ketiga 110 MVA PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE Gresik-Media PLN UID Jawa Timur-

Hal ini akan menciptakan efek domino positif bagi pertumbuhan sektor industri dan bisnis di Kabupaten Gresik. PLN menyediakan tenaga listrik untuk PT Freeport Indonesia melalui KEK dengan operator PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera dalam empat tahap.

Tahap Pertama 30 MVA, Tahap Kedua 60 MVA, Tahap Ketiga 110 MVA, dan Tahap Keempat 170 MVA. PLN siap mendukung percepatan Tahap Keempat yang akan direalisasikan pada tahun ini.

PLN memiliki peran penting dalam menyediakan pasokan listrik yang andal dan berkualitas bagi industri smelter di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk mendongkrak perekonomian negara.

"Industri smelter merupakan salah satu proyek strategis nasional untuk mendukung hilirisasi mineral di Indonesia. PLN berkomitmen memenuhi kebutuhan listrik untuk industri smelter sehingga pengelola smelter bisa semakin produktif dengan fokus pada bisnis intinya,” sambung Agus.

BACA JUGA:PLN Bebaskan Lahan Proyek Ketenagalistrikan 2024

BACA JUGA:PLN UIP JBTB Rampungkan 17 Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan di Tahun 2023


Proyek Tambah Daya Tahap Ketiga 110 MVA PT Freeport Indonesia dan PLN UID Jawa TImur di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE Gresik-Media PLN UID Jawa Timur-

Sumber: