PLN Rampungkan Pembangunan GI 150 kV Kalasan

PLN Rampungkan Pembangunan GI 150 kV Kalasan

Petugas PLN menyiapkan jaringan pada Gardu Induk Kalasan.-Humas PLN-

HARIAN DISWAY - PT PLN (Persero) UIP JBTB berhasil menyelesaikan pembangunan Gardu Induk (GI) 150 kV Kalasan beserta incomer pada Minggu, 21 Januari 2024. Hal ini ditandai dengan keberhasilan pemberian tegangan listrik untuk pertama (energize) pada infrastruktur ketenagalistrikan yang memperkuat sistem pasokan listrik Jawa Tengah dan DIY. 

Keberhasilan pemberian tegangan ini setelah melalui beberapa tahapan energize, yaitu sebagai berikut : Energize  Bay Line Bantul 1, Bay Line Klaten 1, 14 Desember 2023; Bay Line Bantul 2 pada 20 Januari 2024; dan Bay Line Klaten 2, Bay Trafo 1, Bay Trafo 2 pada 21 Januari 2024.

Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan, Wiluyo Kusdwiharto menyampaikan apresiasinya kepada PLN UIP JBTB karena telah menyelesaikan pembangunan jaringan kelistrikan dengan tepat waktu. 

"PLN akan terus meningkatkan keandalan sistem kelistrikan guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tutur Wiluyo.

BACA JUGA:PLN Bebaskan Lahan Proyek Ketenagalistrikan 2024

BACA JUGA:PLN UIP JBTB Rampungkan 17 Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan di Tahun 2023

“Keberhasilan pembangunan infrastruktur ketenaga listrikan ini berkat kerjasama dan dukungan yang baik dari stakeholder dan semua elemen masyarakat,” tegas Wiluyo. 

Ditambahkan Waluyo, saat ini pembebanan GI 150 kV Bantul sudah mencapai 80% sehingga dengan beroperasinya GI 150 kV Kalasan akan semakin memberikan perkuatan keandalan kelistrikan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB), Anang Yahmadi menjelaskan, kendati menghadapi kendala yang cukup berat dan beragam, namun pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini dapat dilakukan dengan lancar. 


Gardu Induk yang berhasil dibangun untuk ketahanan energi nasional.-Humas PLN-

“Selesainya pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini dapat menstimulus perkembangan sektor pariwisata yang menjadi ikon Kota Yogyakarta dan juga sektor industri yang nantinya akan meningkatkan taraf kehidupan ekonomi masyarakat,” pungkas Anang.

BACA JUGA:Srikandi Movement PT PLN (Persero) UIP JBTB Peduli Stunting

BACA JUGA:PT PLN Refleksi Akhir Tahun 2023 dengan Tasyakuran

Manager Unit Pelaksana UPP JBTB 1, Wahyu Kurniawan menyatakan bahwa GI 150 kV Kalasan ini nantinya akan memasok listrik untuk perkembangan Kawasan Industri Piyungan di kabupaten Bantul Provisi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: