Jelang Lebaran, Mendag Pastikan Harga Bahan Pokok Turun Dengan Ketersediaan Yang Cukup

Jelang Lebaran, Mendag Pastikan Harga Bahan Pokok Turun Dengan Ketersediaan Yang Cukup

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat menyampaikan pidatonya di Apel Siaga Pagi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Menjelang Idulfitri 2024 pada Senin, 1 April 2024.--Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memastikan bahwa harga barang kebutuhan pokok (bapok) akan turun menjelang Hari Raray Idul Fitri 1445 H. 

Selain itu, Ketua Umum DPP PAN tersebut menjamin ketersediaan bapok cukup untuk kebutuhan masyarakat.

“Kemendag terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait serta pemerintah daerah untuk menyediakan bapok dengan harga terjangkau bagi masyarakat,” ujar Zulkifli Hasan.

Mendag menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Apel Siaga Pagi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Menjelang Idulfitri 2024 yang bertempat di Gudang Perum Bulog, Jakarta, pada Senin, 1 April 2024.


Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat menghadiri Apel Siaga Pagi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Menjelang Idulfitri 2024 yang bertempat di Gudang Perum Bulog, Jakarta pada Senin, 1 April 2024.--Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

BACA JUGA:Bapanas Jamin Harga Bahan Pokok Hingga Lebaran Terjaga

Pada kesempatan tersebut Zulkifli juga menegaskan bahwa harga bapok menjelang lebaran mengalami penurunan yang cukup signifikan. Tidak hanya itu, pasokannya pun turut dijaga sehingga tidak terjadi kelangkaan yang mengakibatkan kenaikan dan ketidakstabilan harga.

Lebih rinci, nominal penurunan harga beras lokal saat ini menyentuh angka tiga ribu. Sedangkan untuk telur ayam mengalami penurunan hingga hanya dibanderol dengan harga 27 ribu per kilogram nya. 

Orang yang akrab disapa Zulhas tersebut menambahkan, penurunan harga bapok banyak terjadi karena angka produksi yang mulai meningkat. Bahkan terdapat beberapa komoditas yang mengalami surplus produksi, seperti jagung dan beras.

BACA JUGA:Menhub Pastikan Distribusi Logistik Bahan Pokok Berjalan Lancar Selama Ramadan

Meskipun demikian, dilaporkan masih terdapat beberapa daerah yang memiliki harga bapok dengan nominal yang cenderung tinggi.


Beberapa petinggi yang menghadiri Apel Siaga Pagi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Menjelang Idulfitri 2024 yang bertempat di Gudang Perum Bulog, Jakarta pada Senin, 1 April 2024.--Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

“Oleh karena itu kita akan tetap waspada,” tegas lulusan Universitas Krisnadwipayana tersebut.

Masih sesuai dengan prinsipnya, Mendag berharap stabilitas harga bapok dapat membuat masyarakat bisa berbagi momen kebahagiaan saat merayakan Idul Fitri 1445 H.(*)

Sumber: kementerian perdagangan republik indonesia