Terapi Seluler, Terobosan Baru untuk Kesehatan Tulang

Terapi Seluler, Terobosan Baru untuk Kesehatan Tulang

Terapi seluler, terobosan baru untuk kesehatan tulang. Ilustrasi dua dokter sedang mengamati tulang. Kini dunia medis melakukan terobosan terapi seluler untuk kesehatan tulang.-pressfoto-freepik.com

HARIAN DISWAY - Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan medis telah membawa perubahan paradigma dalam pengobatan berbagai kondisi kesehatan, termasuk yang berkaitan dengan kesehatan tulang

Salah satu terobosan yang sangat menjanjikan adalah terapi seluler. Sebuah pendekatan mutakhir yang memanfaatkan sel-sel tubuh sendiri untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mengobati berbagai kelainan terkait tulang. 

Terapi revolusioner itu telah menarik perhatian besar dari para peneliti, profesional kesehatan, dan pasien karena potensinya untuk mengubah lanskap manajemen kesehatan tulang.

BACA JUGA: 5 Makanan yang Mengandung Vitamin D3, Mampu Perkuat Tulang dan Cegah Infeksi Pernafasan

Menurut peneliti pengobatan regeneratif Dr Pradeep Mahajan, terapi seluler juga dikenal sebagai terapi berbasis sel atau pengobatan regeneratif. "Terapi itu melibatkan pemanfaatan kemampuan regeneratif sel induk untuk memperbaiki dan meregenerasi jaringan yang rusak, termasuk tulang," katanya. 

Sel induk adalah sel unik yang memiliki kemampuan luar biasa untuk berkembang menjadi berbagai jenis sel dalam tubuh, menjadikannya sangat berharga untuk aplikasi medis.


Terapi seluler, terobosan baru untuk kesehatan tulang. Ilustrasi terapi seluler untuk menangani masalah kesehatan yang berkaitan dengan tulang.-google-indiatvnews.com

Salah satu keuntungan utama terapi seluler dalam meningkatkan kesehatan tulang adalah kemampuannya untuk mengatasi kondisi seperti osteoporosis, patah tulang, dan cacat tulang. Kondisi itu sulit disembuhkan sepenuhnya oleh pengobatan tradisional. 

Osteoporosis, khususnya, adalah suatu kondisi yang ditandai dengan berkurangnya kepadatan tulang dan peningkatan kerentanan terhadap patah tulang. 

BACA JUGA: Nyeri pada Leher, Bisa Jadi Penyebabnya Adalah Aneurisma Otak, Berikut Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya.

Perawatan konvensional untuk osteoporosis berfokus untuk memperlambat pengeroposan tulang atau meningkatkan kepadatan tulang melalui pengobatan dan intervensi gaya hidup. 

Meskipun pendekatan itu efektif sampai batas tertentu, pendekatan tersebut mungkin tidak sepenuhnya mengembalikan kekuatan dan integritas tulang. Keuntungan utama lainnya adalah meningkatkan kesehatan tulang.

Terapi seluler menawarkan solusi yang lebih komprehensif dengan menargetkan akar penyebab kerusakan tulang. Dengan memasukkan sel induk atau turunannya ke area yang terkena, terapi seluler mendorong regenerasi jaringan dan meningkatkan proses penyembuhan tulang. 

Hal itu dapat menghasilkan tulang yang lebih kuat dan sehat dengan integritas struktural yang lebih baik. Manfaat lainnya adalah mengurangi risiko patah tulang dan meningkatkan kualitas hidup pasien secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indiatvnews.com