Dukung Kelancaran Ibadah dan Mudik, PLN Berkomitmen Amankan Pasokan Listrik Selama Idulfitri

Dukung Kelancaran Ibadah dan Mudik, PLN Berkomitmen Amankan Pasokan Listrik Selama Idulfitri

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo saat melakukan konferensi pers Siaga Idulfitri, 3 April 2024. -Media PLN UID Jawa Timur-

HARIAN DISWAY - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mengukuhkan komitmennya untuk memastikan pasokan listrik selama Idul Fitri. PLN ingin mendukung keberlangsungan ibadah dan kelancaran mudik bagi masyarakat.

Pada sesi konferensi pers yang ada di Surabaya, General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, mengumumkan strategi dan kesiapan perusahaan menghadapi masa siaga mulai tanggal 3 hingga 18 April 2024.

Pasokan listrik sebesar 9.999 MW dengan beban puncak mencapai 6.413 MW dipastikan tersedia bagi masyarakat Jawa Timur. Bahkan PLN UID Jawa Timur sudah menyiapkan cadangan daya sebesar 2.204 MW. 

BACA JUGA: PLN Dukung Hilirisasi Mineral, Pasok Listrik 110 MVA ke Smelter Freeport Gresik


Stasiun pengisian tenaga listrik sudah disiapkan oleh PLN bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik saat Hari Raya Idul Fitri-Media PLN UID Jawa Timur-

PLN Jawa Timur ingin memastikan bahwa pasokan listrik akan tersedia dalam jumlah yang cukup selama periode penting Idul Fitri. Agus juga memproyeksikan penurunan beban puncak sebesar 16,73% pada Hari Raya Idul Fitri. 

Hal itu terjadi karena banyak industri yang akan menghentikan produksi. Sehingga, memungkinkan cadangan daya lebih besar tersedia.

“Dari pembangkitan hingga distribusi semua sudah disiapkan. Prioritas pengamanan pada lokasi ibadah, lapangan kegiatan keagamaan, obyek vital seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan dan lainnya,” terang Agus Kuswardoyo, Rabu, 3 April 2024.

BACA JUGA: PLN Bebaskan Lahan Proyek Ketenagalistrikan 2024

Tak hanya pasokan listrik, PLN juga menyiapkan 4.782 personel PLN di 144 posko yang tersebar di seluruh Jawa Timur.

Mereka akan dilengkapi peralatan pendukung termasuk 88 genset mobile, 49 Uniterruptible Power Supply (UPS), 199 Unit Gardu Bergerak (UGB), 12 UKB, 14 crane, dan 1 mini scada mobile.

Bahkan, PLN juga telah meningkatkan jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sepanjang jalan tol Jawa Timur. Jumlahnya 55 unit di 19 lokasi untuk mendukung perjalanan mudik masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik. 

“Mengakomodir meningkatnya jumlah kendaraan listrik, kami menambah 47 Unit SPKLU di sepanjang jalan tol Jawa Timur menjadi 55 Unit SPKLU tersebar di 19 lokas. Gunanya untuk mendukung perjalanan mudik. Keseluruhannya sudah dicek kesiapannya,”  sambung Agus.

BACA JUGA: PLN UIP JBTB Rampungkan 17 Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan di Tahun 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: