5 Komponen Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Berangkat Mudik

5 Komponen Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Berangkat Mudik

Mudik menggunakan mobil kerap menjadi pilihan masyarakat--twitter.com/selebtwitmobil

Kondisi ban termasuk dalam 5 komponen mobil yang wajib dicek sebelum berangkat mudik.

Pastikan ban utama dan serep berada dalam kondisi baik. Pastikan kondisi fisik kedua jenis ban tidak terdapat kerusakan dan memiliki tekanan angin yang sesuai.

Pastikan juga membawa peralatan lengkap untuk mengganti ban ketika diperlukan.

4. Lampu dan spion

Kunci keselamatan berkendara adalah visibilitas. Cek kondisi lampu kendaraan apakah berfungsi dan cukup terang.

Anda bisa membersihkan mika spion dan lampu agar tidak buram. Jangan lupa jika berhenti mendadak, nyalakan lampu hazard. Pastikan tidak ada masalah dengan lampu hazard Anda.

5. Kelistrikan dan sekring

Ini salah satu bagian vital dalam 5 komponen nobil yang wajib dicek sebelum berangkat mudik. Sebab komponen ini sangat penting. Jika terjadi masalah pada komponen kelistrikan, dampaknya bisa sangat fatal.

Mobil standar yang tidak pernah kebanjiran atau kecelakaan berat harusnya masih memiliki kelistrikan yang baik. Kecuali mobil yang berusia tua yang seringkali komponen-komponen kelistrikannya memang sudah kurang berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Mudik Telah Tiba! Ada 3 Hal yang Dipersiapkan Jika Anda Menggunakan Angkutan Umum!

Sebelum Anda mudik, pastikan semua aksesoris kelistrikan wajib dilindungi sekring. Segera tambahkan sekring apabila terdapat komponen yang tidak terlindungi. 

Tidak hanya sebelum berangkat, sebaiknya perhatikan kondisi kesehatan mobil secara rutin. Lakukan servis segera apabila terdapat ketidaknyamanan saat menggunakan mobil.

Ingat, keselamatan selama berkendara menjadi hal yang penting. Itulah 5 komponen mobil yang wajib dicek sebelum berangkat mudik. Selamat berlibur! (Christofer Adi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: