Libur Lebaran 2024, Parkir Liar di Kebun Binatang Surabaya Bakal Dikenai Sanksi Tegas Tipiring

Libur Lebaran 2024, Parkir Liar di Kebun Binatang Surabaya Bakal Dikenai Sanksi Tegas Tipiring

Warga mengunjungi Kebun Binatang Surabaya (KBS), Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 24 Desember 2023. -Nadia Aliya-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kebun Binatang SURABAYA (KBS) dipastikan menjadi salah satu tujuan wisata favorit selama libur Lebaran 2024.

Potensi terjadi pemalakan parkir dan juru parkir liar (jukir) tinggi. Oknum tidak bertanggung jawab ini harus diantisipasi demi kenyamanan seluruh warga.

Pencegahan dan penindakan terhadap jukir di KBS ditagani serius oleh jajaran Dinas Perhubungan Surabaya bersinergi dengan Polrestabes Surabaya dan Komando Garnisun Tetap (Kogartap) III Surabaya.

BACA JUGA: Kebun Binatang Surabaya Perbanyak Satwa Nokturnal untuk Pikat Pengunjung Malam 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Tundjung Iswandaru menegaskan tindakan para joki dan jukir adalah ilegal. Sehingga harus ditertibkan dan disikapi secara tegas.

"Kemudian penindakan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur). Kalau melanggar kita bawa untuk tipiring (tindak pidana ringan)," tegasnya, Minggu 7 April 2024.

Setiap sudut bakal diawasi secara ketat oleh petugas gabungan. Skema parkir hari biasa diubah, halaman parkir KBS seluruhnya akan digunakan hanya untuk kendaraan roda dua.

BACA JUGA: Inilah 5 Ruas Jalan di Surabaya Jadi Pilot Project Parkir Bayar QRIS

Sedangkan kendaraan roda 4 diarahkan untuk parkir di Gedung Parkir Terminal Intermoda Joyoboyo. Dengan begitu, pengawasan juga bakal terorganisir dengan baik.

Selain itu, sebagai upaya antisipasi kemacetan maka diberlakukannya satu arah lalu lintas selatan ke utara di Jalan Setail. Berlaku untuk semua jenis kendaraan pada masa libur Lebaran mulai 11-21 April 2024.

Kendaraan yang ke luar dari area parkir wisata KBS akan diarahkan petugas untuk belok kiri menuju Jalan Ciliwung.

BACA JUGA: Sejarah dan Makna Tradisi Berbagi Hampers Lebaran

Lokasi drop zone penumpang kendaraan di Jalan Setail juga akan disiapkan. Kemudian kendaraan akan dikawal oleh petugas Dishub menuju ke Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) untuk parkir.

Tenda Posko Petugas Pengamanan dan Pengaturan selama masa libur Lebaran di Jalan Setail atau samping Patung Suroboyo juga dibuka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: