Kebun Binatang Surabaya Perbanyak Satwa Nokturnal untuk Pikat Pengunjung Malam

Kebun Binatang Surabaya Perbanyak Satwa Nokturnal untuk Pikat Pengunjung Malam

Sejumlah warga mengunjungi wisata Surabaya Night Zoo (SNZ) usai peresmian di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jawa Timur, Minggu (25/6/2023).-Julian Romadhon-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - SURABAYA Night Zoo di Kebun Binatang Surabaya (KBS) sudah berlangsung dua bulan. Tepatnya mulai 25 Juni 2023. 

Antusiasme masyarakat pun luar biasa. Untuk itu, Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) tersebut berencana menambah koleksi satwa. Khususnya satwa nokturnal alias hewan yang aktif saat malam. 

Kini KBS hanya punya 27 jenis satwa nokturnal. Ada burung hantu, binturong, landak malam, buaya, binturong, kucing hutan, landak, ular, iguana, penyu, biawak, musang, dan lain-lain.

BACA JUGA:Kebun Binatang Surabaya Sudah Buka

BACA JUGA:Kebun Binatang Surabaya Pecah Rekor Pengunjung

”Rencananya kami tambah maksimal enam pasang. Untuk jenisnya nanti saja agar ada kejutan,” ungkap Direktur Operasional KBS Rika Widyasanti kepada Harian Disway Kamis, 31 Agustus 2023. Satwa nokturnal itu akan didatangkan pada awal September. 

Satwa nokturnal tersebut didatangkan dari lembaga konservasi. KBS sudah bekerja sama dengan mereka. Semua izin penambahan satwa pun langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selain itu, menurut Rika, tingkat kenyamanan satwa sudah diperhitungkan. Mulai menjaga kesehatan, asupan gizi, hingga pencahayaannya. Termasuk suara, tidak boleh melebihi 65–70 desibel saat Night Zoo dibuka di akhir pekan.

BACA JUGA:Ular Houdini Bikin Panik Kebun Binatang

BACA JUGA:Singa Jatim Park Lahirkan Bima dan Dona di Kebun Binatang Surabaya

”Insya Allah, beberapa singa juga kami datangkan bulan depan,” ujarnyi. Hingga kini, KBS telah memiliki koleksi 2.000 satwa dari 222 jenis. Penambahan koleksi satwa diharapkan membuat pengunjung makin tertarik datang ke KBS.

Jumlah pengunjung KBS setiap hari rata-rata mencapai 1.500 hingga 2.000 orang. Tentu, bertambahnya koleksi satwa sangat berpengaruh. Kian banyak jenis satwa, jumlah pengunjung diharapkan kian bertambah.

Rika pun optimistis penambahan satwa nokturnal bisa berdampak signifikan pada kenaikan jumlah pengunjung KBS saat malam. Namun, KBS juga tetap memprioritaskan kesejahteraan satwa. 

BACA JUGA:Reservasi Tiket KBS Night Zoo Sudah Dibuka, Bisa Lewat Online atau On The Spot

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: